Bimbingan melalui Psikoterapi Islam untuk meningkatkan ketenangan jiwa pasien depresi: Penelitian di Klinik Utama Kesehatan Jiwa Nur Illahi Jl. Pertamina No.12 Kelurahan Cipadung Wetan, Panyileukan, Kota Bandung

Hernawati, Lelis Sopi (2019) Bimbingan melalui Psikoterapi Islam untuk meningkatkan ketenangan jiwa pasien depresi: Penelitian di Klinik Utama Kesehatan Jiwa Nur Illahi Jl. Pertamina No.12 Kelurahan Cipadung Wetan, Panyileukan, Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pasien yang mengalami depresi akibat penyalahgunaan obat terlarang, yang diawali dengan adanya permasalahan keluarga maupun lingkungan. Berdasarkan pengamatan, pasien tersebut merupakan mantan pasien di Klinik Utama Kesehatan Jiwa Nur Illahi. Pasien depresi diberikan fasilitas rawat inap oleh Klinik Utama Kesehatan Jiwa, agar mendapatkan penanganan atau pengobatan yang lebih intensif. Sehingga pasien mengalami perubahan signifikan setelah melalui pengobatan di Klinik Utama Kesehatan Jiwa Nur Illahi. Salah satu metode yang digunakan oleh pembimbing di Klinik Utama Kesehatan Jiwa Nur Illahi adalah dengan adanya pelaksanaan bimbingan melalui psikoterapi islam atau di klinik tersebut dinamakan bimbingan rohani. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui kondisi pasien depresi. Untuk mengetahui program dan pelaksanaan bimbingan melalui psikoterapi islam untuk meningkatkan ketenangan jiwa pasien depresi. dan untuk mengetahui hasil yang dicapai dengan adanya pelaksanaan bimbingan psikoterapi islam untuk meningkatkan ketenangan jiwa pasien depresi. Dasar pemikiran penelitian ini berpijak pada pemikiran Imam Al-Ghazali bahwa, jiwa yang tenang adalah jiwa yang menyebabkan manusia selamat dan bahagia. Dan jiwa yang selalu mempunyai rasa syukur, sabar, optimis, cinta akan Tuhan, mengharapkan pahala dan memperhitungkan amal perbuatannya dirinya selama hidup agar dapat hidup selaras dengan ketentuan dan petunjuk Allah SWT. Sehingga dapat mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pembimbing kerohanian/terapis, kepala klinik, dan pasien. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan melalui psikoterapi islam untuk meningkatkan ketenangan jiwa pasien depresi di Klinik Utama Kesehatan Jiwa Nur Illahi dilaksanakan setiap hari kamis dan jum’at pukul 05-00-15.00 WIB. Klinik Utama Kesehatan Jiwa melayani pasien yang terkena depresi ringan seperti, skizofernia ringan, bipolar ringan, dan waham agama. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan bimbingan rohani yaitu metode langsung dan metode tidak langsung/ Qur’anic healing. Hasil yang dicapai dari pelaksanaan bimbingan rohani islam memiliki peningkatan dari sebelum adanya pelaksanaan bimbingan rohani islam. Hal ini sesuai dengan wawancara pembimbing bahwa pasien lebih sadar dengan segala kekurangannya, dapat mengontrol emosi, serta lebih sabar dan ikhlas dalam menghadapi segala cobaan yang dihadapinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Psikoterapi Islam; Ketenangan Jiwa; Depresi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Lelis Sopi Hernawati
Date Deposited: 10 Dec 2019 03:17
Last Modified: 10 Dec 2019 03:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28150

Actions (login required)

View Item View Item