Rasidah, Hani (2019) Peran Yayasan Percikan Iman dalam pembentukan akhlak :Studi kasus Di Yayasan Percikan Iman. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3-daftar isi skripsi.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4-BAB I.pdf Download (519kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
Abstract
ENGLISH: This millennial diera role of the young generation is very determining the fate of a nation, if everyone has good morals then the good fortune of the nation but if the people who are in the nation or country are far from the values of virtue, immoral then the State will be destroyed it is caused by his behavior and morals. Every child born into the world of moral development must be fostered and educated seriously. Therefore the formation of morals is very important and needs to be carried out by all parties both the family as the first person who is closest, the community environment, educational institutions and the government must work together in shaping the morals of each child. This study aims to determine the role of the Percikan Faith foundation in the formation of morals, the process of moral formation in the Percikan Faith foundation, and the results of the formation of morals in the Percikan Faith foundation carried out in foster children of the Percikan Faith scholarship (BSPI). The method used in this research is descriptive method with a qualitative approach. The subjects in this study were a secretary of the Percikan Faith Foundation, a coordinator of the Percikan Faith scholarship and five foster children of the Percikan Faith scholarship. The tool in collecting data in this study is to use interview and observation techniques. Based on the results of research data processing, it can be concluded that the Percikan Faith Foundation has a very important role in the formation of morals, this is because the Percikan Faith Foundation has several programs and activities aimed at shaping the morality of a Muslim, and the results are based on interview and observation data to get information that the formation Splash morals have been successfully carried out and every child who is educated and nurtured has a moral change for the better. INDONESIA: Diera milenial ini peran generasi muda sangat menentukan nasib suatu bangsa, jika setiap orang memiliki akhlak baik maka akan baik pulalah nasib bangsa tersebut tetapi jika orang-orang yang berada dalam bangsa atau Negara tersebut jauh dari nilai-nilai kebaikan, tidak bermoral maka akan hancurlah Negara tersebut disebabkan oleh prilaku dan akhlaknya. Setiap anak yang lahir ke dunia tumbuh kembang akhlaknya harus dibina dan didik secara sungguh-sungguh. Oleh karena itu pembentukan akhlak sangat penting dan perlu dilaksanakan oleh seluruh pihak baik keluarga sebagai orang pertama yang paling dekat, lingkungan masyarakat, lembaga pendidikan dan pemerintah harus bekerja sama dalam membentuk akhlak setiap anak. Menurut Imam Al-Ghazali pembentukan akhlak adalah sebagai usaha, latihan yang dilakukan secara sungguh-sungguh dalam rangka membentuk akhlak, dengan menggunakan sarana pendidikan dan pembinaan yang terprogram dengan baik, dilakukan dengan sungguh-sungguh dan konsisten. Pembentukan akhlak dilakukan berdasarkan pandangan bahwa akhlak dibentuk atas dasar hasil usaha dan ikhtiar manusia, tidak muncul dengan sendirinya. Potensi ruhani manusia diantaranya akal, hati, hawa nafsu, syahwat, fitrah, kata hati, intuisi dibina secara baik dan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran yayasan Percikan Iman dalam pembentukan akhlak, proses pembentukan akhlak di yayasan Percikan Iman, dan hasil dari pembentukan akhlak di yayasan Percikan Iman yang dilakukan pada anak asuh beasiswa Percikan Iman (BSPI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah satu sekertaris yayasan Percikan Iman, satu koordinator beasiswa Percikan Iman dan lima anak asuh beasiswa Percikan Iman. Alat dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian diperoleh kesimpulan bahwa yayasan Percikan Iman mempunyai peran yang sangat penting dalam pembentukan akhlak, hal ini karena yayasan Percikan Iman mempunyai beberapa program dan kegiatan yang bertujuan untuk membentuk akhlak seorang muslim, dan hasilnya berdasarkan data wawancara dan observasi mendapatkan informasi bahwa pembentukan akhlak di Percikan Iman telah berhasil dilaksankan dan pada setiap anak yang dididik dan dibina memperoleh perubahan akhlak menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Iman; Akhlak; Pembentukan Akhlak |
Subjects: | Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Iman Kepada Allah SWT (Alloh SWT) |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | hani rosaidah |
Date Deposited: | 11 Dec 2019 07:37 |
Last Modified: | 11 Dec 2019 07:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28196 |
Actions (login required)
View Item |