Industrialisasi di masyarakat muslim: Dampak industrialisasi bagi masyarakat muslim di Desa Sukamaju Kecamatan Majalaya tahun 1992-2015

Mu'arifah, Risa (2016) Industrialisasi di masyarakat muslim: Dampak industrialisasi bagi masyarakat muslim di Desa Sukamaju Kecamatan Majalaya tahun 1992-2015. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)

Abstract

Perkembangan industrialisasi yang dilakukan oleh pihak pemerintah daerah Kabupaten Bandung sebagai program pembangunan di daerahnya, serta didukung berdasarkan kebijakan pemerintah pusat melalui Kepres No. 53 tahun 1989, pembentukan kawasan industri bekerjasama dengan pihak pengusaha. Satu diantaranya daerah yang terpilih untuk pembentukan kawasan industri terletak di Desa Sukamaju Kecamatan Majalaya dari tahun 1992-2015, tidak luput dari berbagai adanya implikasi, naik yng bersifat positif yaitu sebagai reaksi industri dalam peningkatan potensi daerah ataupun bersifat negativ yang berdampak pada kerugian dalam kesejahteraan keruhian dalam kesejahteraan dan perilaku sosial masyarakat. Unutuk itu, penelitian ini bertjujluan untuk mengetahui kehidupan masyarakat sebelum dan sesudah kehadiran industri (1992-2015), proses berdiri dan berkembangnya industri, serta dampak adanya industri terhadap interaksi sosial masyarakat yang ada didaerah ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah dengan pendekatan sosio-antropologis. Adapun metode penelitian sejarah yang dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: heuristik, yakni tahapan pengumpulan data-data sejarah yang berhubungan dengan kajian penelitian. Kedua, tahapan kritik yakni melakukan kajian terhadap data-data yang diperoleh baik dengan pengujian secara ekstern maupun intern, sehingga didapatkan fakta-fakta yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Ketiga, tahapan interpretasi yakni fakta-fakta yang tela di kritik tersebut kemudian ditafsirkan. Keempat, tahapan historiografi berupa pembuatan tulisan yang dituangkan dalam sebuah karya ilmiah yaitu skripsi. Berdasarkan penelitin yang dilakukan sesuai dengan analisis data terungkap bahwa kehadiran industri pada tahun 1992, yakni Indo Buana Makmur, Warna Indah Samijaya, Terus Maju Jaya Perkasa, Dayung Mas Lestari. Keempat perusahaan tersebut telah berkembang pesat hingga tahun 2015 serta diiringi sarana dan prasarana yang memadai berupa toko, restoran, bank, dll. Tatanan wilayah Desa Sukamaju Kecamatan Majalaya mengalami peralihan dari pedesaan menjadi perkotaan. Kehadiran industri bisa memberikan dampak berbagai aspek kehidupan terhadap interaksi sosial dan dampak-dampak terhadap lingkungan seperti pencemaran limbah dan banjir. Pada aspek soaial budaya telah membawa masyarakat menjadi masyarakat modern yang ditandai oleh hampir hilangnya prilaku sesuai budaya Sunda, individualis dan terjadinya pelapisan sosial yang mewarnai kehisupannya. Pada aspek ekonomi mengalami peningkatan jumlah penghasilan dengan adanya perubahan dalam mata pencaharian dari mayoritas sekitar 35% sebagai petani, beralih menjadi lebih kepada pelayanan-pelayanan pada lingkungan kawasan industri dan pendatang. Dalam aspek keagamaan, rusaknya akhlak pergaulan bebas dan penurunan dan hilangnya aktivitas keagamaan seperti biasanya. Pada bidang pendidikan terjadinya peningkatan sekitar 50% dalam melanjutkan pendidikan formal ketingkat yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: tidak ada nama pembimbing
Uncontrolled Keywords: industrialisasi; masyarakat muslim
Subjects: Islam > Muslim
Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction
Social Groups > Religious Groups
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 12 Dec 2019 04:31
Last Modified: 12 Dec 2019 04:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28217

Actions (login required)

View Item View Item