Kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi ekologi menggunakan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) berbasis metode Pictorial Riddle

Nurfina, Sofia Fikria (2019) Kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi ekologi menggunakan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) berbasis metode Pictorial Riddle. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_coverr.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran IPA harus memfasilitasi siswa membangun pengetahuan dan kritis sehingga mampu memecahkan masalah dalam kehidupan. Ekologi merupakan materi yang tepat untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah kehidupan sehari-hari. Model pembelajaran attention, relevance, confidence, satisfaction (ARCS) melaksanakan kegiatan pembelajaran menjadi lebih baik dan metode pictorial riddle dalam penerapannya menuntut siswa untuk aktif memecahkan masalah yang disajikan oleh guru. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran materi ekologi dengan model pembelajaran attention, relevance, confidence, satisfaction (ARCS) berbasis metode pictorial riddle dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah serta respons siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Cileunyi tahun pelajaran 2018/2019 dan penentuan sampel dilakukan secara purposive. Rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru memperoleh kriteria sangat baik, ratarata keterlaksanaan aktivitas siswa memperoleh kriteria sangat baik, nilai N-Gain kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 0,70 dengan kriteria tinggi. Penelitian ini berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Attention; Relevance; Confidence; Satisfaction (ARCS); Metode Pictorial Riddle; Kemampuan Pemecahan Masalah; Ekologi;
Subjects: Education, Research
Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Sofia Fikria Nurfina
Date Deposited: 16 Dec 2019 02:06
Last Modified: 16 Dec 2019 02:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28249

Actions (login required)

View Item View Item