Pengaruh model Reading, Mind Mapping, and Sharing (RMS) terhadap keterampilan berpikir krearif siswa pada materi sistem gerak

Nuragustiani, Shufyanti (2019) Pengaruh model Reading, Mind Mapping, and Sharing (RMS) terhadap keterampilan berpikir krearif siswa pada materi sistem gerak. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy

Abstract

Kedudukan dan fungsi dalam kegiatan proses pembelajaran masih cenderung mendominasi oleh guru. Berdasarkan hasil observasi di MAN 2 Subang, dalam proses pembelajaran siswa kurang aktif sehingga keterampilan berpikir kreatifnya tidak tersalurkan. Dipilihnya model Reading, Mind Mapping and Sharing (RMS) bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh model Reading, Mind Mapping and Sharing (RMS) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sistem gerak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Desain penelitiannya adalah non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel adalah teknink purposive sampling sehingga diperoleh dua sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 2 Subang yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas menggunakan model Reading, Mind Mapping, and Sharing (RMS) sebanyak 29 orang dan XI MIA 2 sebanyak 27 orang tanpa model model Reading, Mind Mapping, and Sharing (RMS). Instrumen yang digunakan adalah tes, lembar observasi, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru dengan menggunakan model Reading, Mind Mapping, and Sharing (RMS) memiliki persentase keterlaksanaan rata-rata sebesar 91,5% dengan kategori sangat baik, keterlaksanaan aktivitas siswa memiliki keterlaksanaan sebesar 76% dengan kategori baik. Keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sistem gerak dengan menggunakan model Reading, Mind Mapping, and Sharing (RMS) termasuk kategori tinggi dengan nilai N-Gain 0,72, pada siswa tanpa menggunakan model Reading, Mind Mapping, and Sharing (RMS) termasuk kategori sedang dengan nilai N-Gain sebesar 0,67. Respon siswa terhadap pembelajaran model Reading, Mind Mapping, and Sharing (RMS) pada materi sistem gerak memiliki rata-rata sebesar 72,34 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Reading, Mind Mapping and Sharing (RMS) tidak berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sistem gerak dengan hasil pengujian hipotesis posttest dengan nilai Thitung (1,14) > Ttabel (1,67) pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Reading Mind Mapping and Sharing (RMS); Keterampilan Berpikir Kreatif; Sistem Gerak;
Subjects: Education, Research
Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Shufyanti Nuragustiani
Date Deposited: 16 Dec 2019 02:02
Last Modified: 16 Dec 2019 02:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28250

Actions (login required)

View Item View Item