Agama, Pendidikan Karakter dam Upaya Membangun Kesadaran Kritis

Nurrohman Syarif, Nurrohman (2012) Agama, Pendidikan Karakter dam Upaya Membangun Kesadaran Kritis. Media Nusantara- Majalah Ilmiah Universitas Islam Nusantara, (7). ISSN 1978-6824.

[img]
Preview
Text
Agama_Pendidikan_Karakter_dan_Upaya_Membangun%20Kesadaran%20Kritis..pdf

Download (410kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi menusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat , berilmu, cakap , kreatif, mandiri , dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Tujuan pendidikan seperti ini setidaknya menuntut adanya dua hal. Pertama, adanya integrasi antara agama dengan pendidikan karakter. Kedua , adanya pendidikan karakter yang bisa mendorong peserta didik bukan sekedar menjadi manusia yang saleh (good person) tapi juga menjadi warga Negara yang baik (good citizen). Kedua tuntutan itu hanya bisa diwujudkan dengan baik kalau pendidikan agama yang bermuatan pendidikan karakter atau pendidikan karakter yang bermuatan nilai-nilai agama bisa melahirkan kesadaran kritis di lingkungan peserta didik maupun di lingkungan masyarakat secara lebih luas.Dengan asumsi bahwa pembentukan watak dan peradaban bangsa tidak mungkin diwujudkan tanpa kesadaran dan dukungan masyarakat secara luas, tulisan ini berusaha mengkaitkan pendidikan karakter dengan upaya membangun kesadaran kritis bukan hanya di lingkungan sekolah tapi juga di lingkungan yang lebih luas di masyarakat dengan menggunakan spirit agama.

Item Type: Article
Subjects: Indonesia
Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Dr. Nurrohman Syarif
Date Deposited: 10 Feb 2017 11:08
Last Modified: 10 Feb 2017 11:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2831

Actions (login required)

View Item View Item