Upaya meningkatkan kemampuan membaca Huruf Hijaiyah melalui media papan flanel: Penelitian tindakan kelas di Kelompok B RA Nurul Islam Bekasi

Sholihat, Siti Syarah (2019) Upaya meningkatkan kemampuan membaca Huruf Hijaiyah melalui media papan flanel: Penelitian tindakan kelas di Kelompok B RA Nurul Islam Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi .pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I bismillah.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II Bismillah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III Bismillah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV bismillah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V bismillah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan terdapat beberapa permasalahan mengenai kemampuan anak dalam membaca huruf hijaiyah, diantaranya ialah anak-anak belum bisa membedakan huruf hijaiyah yang berharokat fathah, kasroh, dlomah dan sukun. Selain itu, anak belum bisa membaca dan membedakan huruf hijaiyah yang hampir sama bunyi. Hal tersebut dipengaruhi oleh kurangnya penggunaan media yang menarik bagi anak dalam membaca huruf hijaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemampuan membaca huruf hijaiyah sebelum menggunakan media papan flanel; 2) Proses penerapan media papan flanel untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah di setiap siklus; 3) Kemampuan membaca huruf hijaiyah setelah diterapkannya media papan flanel di setiap siklus dikelompok B RA Nurul Islam Bekasi. Penelitian ini didasarkan pada suatu pemikiran bahwa penggunaan media yang baik dan menarik minat anak dalam belajar dapat meningkatkan kemampuan anak dalam membaca huruf hijaiyah. Media papan flanel merupakan media yang sesuai dengan karakteristik anak dan dapat menarik minat anak dalam belajar membaca huruf hijaiyah. Huruf-huruf hijaiyah yang ditempel pada media papan flanel sangat mudah dipahami oleh anak, dengan variasi warna pada papan dan huruf-huruf hijaiyah, keunikan huruf-huruf hijaiyah yang dapat ditempel dan dilepas dapat menarik perhatian anak, sehingga anak semangat untuk membacanya. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kolaboratif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan dalam dua tindakan. Subyek penelitian ini adalah 12 anak di kelompok B RA Nurul Islam Bekasi yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, unjuk kerja dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan membaca huruf hijaiyah pada pra tindakan memperoleh nilai rata-rata sebesar 39,17 dengan kriteria kurang sekali dan jika ditinjau dari aspek perkembangan masuk pada kategori Mulai Berkembang (MB). Proses penerapan media papan flanel dilihat dari aktivitas guru dan anak menunjukan peningkatan pada setiap siklusnya. Aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 83,35% dengan kriteria baik meningkat menjadi 96,65% dengan kriteria sangat baik. Demikian pula aktivitas anak pada siklus I sebesar 76,67% dengan kriteria baik meningkat menjadi 96,67% dengan kriteria sangat baik. Adapun kemampuan membaca huruf hijaiyah setelah diterapkan media papan flanel nilai rata-rata pada siklus I sebesar 53,66 dengan kriteria kurang dan ditinjau dari aspek perkembangan masuk pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan meningkat menjadi 77,46 dengan kriteria baik dan jika ditinjau pada aspek perkembangan masuk pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca huruf hijaiyah; media papan Flanel;
Subjects: Arts
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: siti syarah sholihat
Date Deposited: 18 Dec 2019 03:38
Last Modified: 18 Dec 2019 03:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28323

Actions (login required)

View Item View Item