Rekonstruksi Ilmu-Ilmu Keislaman : Problematika Ontologis dan Historis ‘Ulum Al-Qur’an

Rohmana, Jajang A (2014) Rekonstruksi Ilmu-Ilmu Keislaman : Problematika Ontologis dan Historis ‘Ulum Al-Qur’an. Jurnal Kalam, 8 (1). pp. 43-64. ISSN 0853-9510

[img]
Preview
Text
167-301-1-SM.pdf

Download (804kB) | Preview
Official URL: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/KALAM/a...

Abstract

Tulisan ini fokus pada penelusuran seputar problem ontologis dan historis dalam kajian ‘Ulu>m al-Qur’a>n, krisis ruang lingkup dan jejak sejarah pembentukan wacananya. Sejak disusun dan disistematisasikan hingga sekarang hampir, diskursus Ulu>m al-Qur’a>n tidak mengalami perkembangan dan masih tetap bercorak skolastik, baik dari sisi metodologi maupun muatan isinya. Kecenderungan ini melahirkan berbagai problem, di antaranya pandangan mendasar terhadap al-Qur’an dan ‘Ulu>m al-Qur’a>n yang seakan terlepas dari konteks historis dan sosio-kulturalnya. Hal ini mengakibatkan timbulnya sejumlah masalah antara lain berupa : krisis ruang lingkup kajian ‘Ulu>m al-Qur’a>n- yang seolah-olah mengalami kemandegan dan kebuntuan; terpisahnya teks ‘Ulu>m al-Qur’a>n dari konteks situasinya yang objektif-historis yang kemudian menimbulkan pensakralan terhadap berbagai cabang ilmu dalam ‘Ulu>m al-Qur’a>n yang diawali dengan anggapan bahwa ilmu-ilmu itu sajalah yang memiliki kedudukan yang absah dalam ‘Ulu>m al-Qur’a>n, sehingga sulit untuk meloloskan perspektif keilmuan baru. Terakhir, pada tataran selanjutnya, misi penyelamatan tersebut secara tidak langsung melahirkan berbagai anomali dan reduksi keilmuan dalam wilayah ‘Ulu>m al-Qur’a>n sendiri secara ontologis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ‘Ulu>m al-Qur’a>n; problematika; ruang lingkup; sejarah
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: DR Jajang A. Rohmana
Date Deposited: 19 Dec 2019 08:33
Last Modified: 19 Dec 2019 08:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28336

Actions (login required)

View Item View Item