Afandi, Daniah (2019) Hubungan antara minat anak mengikuti pembelajaran berbasis lingkungan alam dengan kecerdasan naturalis anak usia dini: Penelitian di Kelas B1 RA Golden Rabbani Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (632kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (669kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat anak dalam mengikuti pembelajaran berbasis lingkungan alam dan kecerdasan naturalis anak usia dini di RA Golden Rabbani Kabupaten Bandung yang masih dalam kategori cukup yaitu bernilai 60. Beberapa anak masih takut untuk menyentuh benda-benda alam, tidak berani kotor dan masih kurang dalam kecintaan terhadap lingkungan alam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Realitas minat anak mengikuti pembelajaran berbasis lingkungan alam di kelas B1 RA Golden Rabbani Kabupaten Bandung. (2) Realitas kecerdasan naturalis anak usia dini di kelas B1 RA Golden Rabbani Kabupaten Bandung. (3) Realitas hubungan antara minat anak mengikuti pembelajaran berbasis lingkungan alam dengan kecerdasan naturalis anak usia dini di kelas B1 RA Golden Rabbani Kabupaten Bandung. Penelitian ini bertolak dari suatu pemikiran bahwa minat anak mengikuti pembelajaran berbasis lingkungan alam berhubungan dengan kecerdasan naturalis anak usia dini. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara minat anak mengikuti pembelajaran berbasis lingkungan alam dengan kecerdasan naturalis anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena data yang dihasilkan berbentuk angka sebagai perwujudan dari proses pengukuran yang telah dilakukan. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan teknik korelasi Rank Spearman (Rho). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan unjuk kerja, alat pengumpul datanya berupa instrumen observasi dan wawancara. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa realitas minat anak mengikuti pembelajaran berbasis lingkungan alam berkategori baik. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata sebesar 75 dan termasuk ke dalam kualifikasi baik karena berada pada interval 70 – 79. Demikian pula realitas kecerdasan naturalis anak usia dini termasuk kategori baik. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 78 dan termasuk ke dalam kualifikasi baik karena berada pada interval 70 – 79. Sedangkan realitas hubungan antara minat anak mengikuti pembelajaran berbasis lingkungan alam dengan kecerdasan naturalis anak usia dini, ditunjukkan oleh harga koefisien korelasi sebesar 0,560. Nilai ini jika dilihat pada skala penilaian terletak pada interval 0,400 – 0,599 yang berarti korelasi cukup tinggi. Selanjutnya hasil uji hipotesis diketahui t_hitung 2,814 > t_tabel 2,228. Artinya H_a diterima, dengan kata lain terdapat hubungan positif yang signifikan antara minat anak mengikuti pembelajaran berbasis lingkungan alam dengan kecerdasan naturalis anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan naturalis; minat; pembelajaran; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities General Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Daniah Afandi |
Date Deposited: | 14 Jan 2020 03:15 |
Last Modified: | 14 Jan 2020 03:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28481 |
Actions (login required)
View Item |