Manajemen peserta didik di Madrasah Tsanawiyah: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Al-Barkah Kabupaten

Hidayat, Ahmad Saeful (2013) Manajemen peserta didik di Madrasah Tsanawiyah: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Al-Barkah Kabupaten. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (502kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Miftahul huda Al-Barkah berada pada naungan Kementrian Agama Kabupaten Bogor. Sekolah ini berdiri di bawah binaan yayasan pondok pesantren Miftahul huda Albarkah yang didirikan oleh Mama K.H. Baban Syahbana, dengan mengemban sebuah tujuan serta visi,misi yang hendak dicapai. Dalam manajemen peserta didik di harapkan bisa mencapai tujuan serta visi, misi itu sendiri. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa Keberhasilan pencapaian out put pesrta didik pada lembaga pendidikan dapat ditentukan oleh proses manajemen peserta didik yang dilakukan di lembaga tersebut, Oleh karena itu manajemen peserta didik Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Al-Barkah akan di tinjau komponen komponen manajemen peserta didik akan di tinjau baik dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasannya. Tujuan penelitian ini mengetahui Bagaimana latar alamiah berdirinya, perencanaan peserta didik, penerimaan peserta didik, orientasi peserta didik, penempatan peserta didik Pencatatan dan pelaporan peserta didik Bagaimana pembinaan peserta didik pengembangan peserta didik evaluasi peserta didik lulusan peserta didik mutasi peserta didik Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda al-Barkah Apa saja faktor penunjang dan penghambat pelaksanaan manajemen peserta didik Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Al-Barkah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu mendeskripsikan Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Al-Barkah. Data yang diperoleh berupa data hasil observasi, wawancara, dan studi dokumen. Untuk menganalisis data yang akan dikumpulkan penulis akan melakukannya dengan cara unitisasi data, kategorisasi data, dan penafsiran data. Untuk uji absah data dilakukan dengan cara memperpanjang keikut sertaan, ketekunan dalam melakukan pengamatan, mengadakan triangulasi, pengecekan teman sejawat, kecukupan referensi, studi kasus, pengecekan anggota, uraian rinci, auditing untuk kriteria kebergantungan dan auditing untuk kriteria kepastian. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa pelaksanaan manajemen peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Al-Barkah merupakan kegiatan yang tersusun yang meliputi perencanaan peserta didik, penerimaan peserta didik baru dengan membuat mekanisme yang jelas dialai dengan perencanaan, pembetukan panitia, mekanisme, pelaksanaan test, serta pengumuman kelulusan, orientasi peserta didik yang diadakan untuk mengenalkan peserta didik baru terhadap lingkungan serta fasilitas sekolah dan merupah pola fikir peserta didik, pembinaan peserta didik dengan menyediakan layanan yang di butuhkan peserta didk, pengembangan peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan yang menunjang perkembangan peserta didik, evaluasi peserta didik dengan melihat asfek kognitif, apektif, dan psikomotor perkembangan peserta didik, penempatan peserta didik yang didasarkan pada potensi yang dimiliki peserta didik, kelulusan dan alumni dengan membuat ikatan alumni serta menjalin kerjasama dengan sekolah lain yang berkualitas sehinnga nanti alumni dibisa kembali di berdayakan, dan mutasi peserta didik dengan membuat aturan- aturan yang berhubungan dengan keluar masuknya peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kependidikan Islam; manajemen; peserta didik; Madrasah Tsanawiyah;
Subjects: Islam > Islamic Leaders
Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam
Depositing User: Users 234 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2017 05:49
Last Modified: 12 Apr 2019 03:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2854

Actions (login required)

View Item View Item