Aziz, Asep Ahmad (2017) Pengaruh bimbingan sosial terhadap kemampuan penyesuaian diri peserta didik : penelitian siswa kelas VII SMP Plus Al Amanah jalan Cibogo Indah desa Cangkuang kecamatan Dayeuhkolot kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER SKRIPSI.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR IS1.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (510kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) |
||
Text (BAB III)
6-BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (713kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini diangkat berdasarkan fenomena adanya siswa yang kurang mampu mengoptimalkan kemampuan penyensuaian diri di sekolahnya, seperti masih banyak siswa yang kurang paham akan pentingnya penyesuaian diri, belum mengetahui tujuan tujuan menyesuaikan diri, dan betapa pentingnya penyesuaian diri bagi siswa itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses layanan bimbingan sosial di kelas VII SMP Plus Al Amanah, Untuk mengetahui gambaran kemampuan penyesuaian diri siswa kelas VII SMP Plus Al Amanah dan Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan sosial terhadap kemampuan penyesuaian diri peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan eksperimen dengan metode eksplanasi, menggunakan analisis statistik angket untuk pengambilan data. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP Plus AL Amanah, dengan jumlah responden 40 orang. Penelitian ini ditempuh dengan langkah-langkah: menentukan lokasi penelitian, menentukan metode penelitian, menentukan populasi dan sampel, menentukan jenis dan sumber data, menentukan teknik pengambilan data, dan akhirnya mengolah dan menganalisis data. Hasil penelitian dilihat dari tiga aspek yaitu: gambaran bimbingan sosial di kelas VII SMP Plus Al Amanah berjalan dengan baik karena dilihat dari jawaban responden melalui angket yang menghasilkan nilai rata-rata diatas 50% yang dilihat dari aspek, materi, metode, media, pembimbing, dan terbimbing. Kemudian gambaran kondisi penyesuaian diri siswa sebelum dan sesudah bimbingan di SMP Plus Al Amanah tergolong baik hal tersebut dilihat dari jawaban responden melalui angket yang menunjukan nilai rata-rata 50% dengan adanya peningkatan sebelum dan sesudah bimbingan pada aspek internal dan eksternal siswa bisa lebih teroptimalkan. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa nilai α = 0,05/2 = 0,025. Maka diperoleh nilai 0,000<0,025 dimana nilai Pv (0,000) lebih kecil dibandingkan nilai α = 0,025 maka H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh bimbingan sosial terhadap penyesuaian diri siswa. Besar persentase pengaruh bimbingan sosial terhadap penyesuaian diri sebesar 53,87% dan sisanya sebesar 46,13% dipengaruhi oleh variabel lain selain bimbingan sosial. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bimbingan sosial dapat berpengaruh terhadap kemampuan penyesuaian diri siswa. ENGLISH This research is based on the phenomenon of students who are less able to optimize the ability of self-adolescence in their schools, as there are still many students who are less aware of the importance of adjustment, not knowing the purpose of adjusting goals, and how important the adjustment for the students themselves. The purpose of this study is to know the description of the process of social guidance services in class VII SMP Plus Al Amanah, To know the description of the ability of self-adjustment of students of class VII SMP Plus Al Amanah and To find out how much influence social guidance on students' self-adjustment ability. The research method used is experimental approach with explanation method, using statistical analysis questionnaire for data retrieval. This research was conducted in class VII SMP Plus Al Amanah, with the number of respondents 40 people. The research is carried out by the steps: determining the location of the research, determining the research method, determining the population and sample, determining the type and source of data, determining the data retrieval technique, and finally processing and analyzing the data. The result of the research is seen from three aspects, namely: the picture of social guidance in class VII SMP Plus Al Amanah runs well because it is seen from the respondent's answer through questionnaire that yields an average value above 50% seen from aspects, materials, methods, media, mentors, And guided. Then the picture of the students' adjustment condition before and after the guidance in SMP Plus Al Amanah is good. It is seen from the respondent's answer through questionnaire that shows the average value of 50% with the increase before and after the guidance on the internal and external aspects of students can be more optimized. The results showed that the value of α = 0.05 / 2 = 0.025. Then obtained value 0.000 <0.025 where the value of Pv (0,000) smaller than the value of α = 0.025 then H0 rejected, meaning there is an influence of social guidance on student self adjustment. The percentage of social counseling influence on adjustment of 53.87% and the rest of 46.13% influenced by other variables besides social guidance. Thus based on the results of research can be concluded that social counseling can affect the ability of students' self adjustment.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan sosial; Penyesuaian diri; Peserta didik; |
Subjects: | Islam > Da'wah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | rofita fita robi'in |
Date Deposited: | 08 Jan 2020 03:17 |
Last Modified: | 08 Jan 2020 03:17 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28640 |
Actions (login required)
View Item |