Penggunaan asesmen penalaran versi Marzano untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sel: Penelitian deskriptif kuantitatif pada siswa kelas XI IPA 2 di SMA Muhammadiyah 4 Bandung

Witriyani, Witriyani (2019) Penggunaan asesmen penalaran versi Marzano untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sel: Penelitian deskriptif kuantitatif pada siswa kelas XI IPA 2 di SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Berdasarkan hasil observasi awal ternyata masih banyak siswa dengan kategori rendah dalam keterampilan berpikir kritis, sehingga membutuhkan asesmen penalaran pembelajaran yang dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan asesmen penalaran versi Marzano dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sel dengan pembelajaran saintifik. Asesmen penalaran merupakan kegiatan pengumpulan bukti mengenai kemampuan berpikir kritis siswa. Asesmen Marzano yang menekankan pada habits of mind yang terdiri dari critical thinking, creative thinking dan self regulation. Namun, penelitian ini menekankan pada critical thinking saja dengan dikaitkan indikator berpikir kritis Ennis. Keterampilan berpikir kritis dapat dilatihkan dengan model pembelajaran yang tepat di sekolah, salahsatunya dengan pembelajaran berbasis ilmiah scientific approach. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan metode yang digunakan yaitu metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran guru 76% dengan kategori baik dan keterlaksanaan siswa 79,5% dengan kategori baik. Sedangkan untuk hasil keterampilan berpikir kritis dari 31 siswa menunjukkan 3,2% siswa dengan kategori sangat baik, 74% berkategori baik, dan 22,5% berkategori sedang. Respon siswa terhadap model pembelajaran scientific approach pada materi sel memberikan pengaruh positif dengan rata-rata persentase sebesar 66,9% dengan interpretasi tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan asesmen penalaran versi Marzano dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa, dengan nilai rata-rata 66,6 dengan kategori baik. ENGLISH : Based on the results of preliminary observations, it turns out there are still many students with low categories in critical thinking skills, thus requiring assessment of learning reasoning that can train students' critical thinking skills. This study aims to determine the use of Marzano's version of reasoning assessment can train students' critical thinking skills in cell material with scientific learning. Reasoning assessment is an activity of gathering evidence about students' critical thinking abilities. Marzano's assessment emphasizes the habits of mind consisting of critical thinking, creative thinking and self regulation. However, this study emphasizes only critical thinking with the associated critical thinking indicator Ennis. Critical thinking skills can be trained with appropriate learning models in schools, one of them with scientific based learning approaches scientific. This research uses a mixed method approach with the method used is descriptive method. The results showed that the 76% of the learning outcomes of teachers with good categories and 79.5% of students with good performance. Whereas the results of critical thinking skills of 31 students showed 3.2% of students in the excellent category, 74% in the good category, and 22.5% in the moderate category. Student responses to the scientific approach learning model on cell material have a positive influence with an average percentage of 66.9% with high interpretation. Thus it can be concluded that the use of Marzano's version of reasoning assessment can train students' critical thinking skills, with an average rating of 66.6 in either category.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penilaian; penalaran versi Marzano; model saintifik; hots; sel.
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Witriyani Witriyani
Date Deposited: 09 Jan 2020 03:51
Last Modified: 09 Jan 2020 03:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28658

Actions (login required)

View Item View Item