Analisis kadar raksa pada air permukaan di Kawasan Sungai Cikijing dengan menggunakan teknik vapor generation accessory - atomic absorbtion spectrophotometer

Noviana, Yeyen (2017) Analisis kadar raksa pada air permukaan di Kawasan Sungai Cikijing dengan menggunakan teknik vapor generation accessory - atomic absorbtion spectrophotometer. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)

Abstract

Salah satu logam berat yang dapat mencemari perairan sungai adalah raksa (Hg). Raksa (Hg) merupakan logam berat yang sangat berbahaya, walaupun pada konsentrasi yang sangat rendah. Logam raksa (Hg) dapat berpengaruh langsung dan terakumulasi pada lingkungan sehingga memungkinkan terkonsumsi oleh ikan, ganggang, dan tumbuhan air. Hal ini sangat berbahaya jika ikan dan tumbuhan yang terkontaminasi raksa (Hg) dikonsumsi manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh keberadaan industri di sekitar Sungai Cikijing terhadap kandungan raksa (Hg) dalam air sungai. Hasil analisis kandungan raksa (Hg) ini disesuaikan dengan baku mutu kualitas air sungai berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 82 tahun 2001. Raksa (Hg) sangat mudah menguap sehingga dalam proses atomisasi tidak digunakan nyala api (flame) untuk menghidari hilangnya raksa (Hg) dalam sampel. Kadar logam raksa (Hg) pada air permukaan Sungai Cikijing dianalisis dengan teknik VGA-AAS yang dikenal dengan teknik penguapan dingin. Teknik VGA-AAS menggunakan reduktor kuat SnCl2 untuk mengatomisasi ion Hg yang berbentuk gas. Hasil penelitian menunjukkan kandungan raksa (Hg) pada air permukaan Sungai Cikijing bersifat fluktuatif bergantung dengan kondisi aliran sungai, cuaca dan debit sungai. Hanya sampel pada titik 5 di bulan Maret dan sampel pada titik 4 di bulan Mei yang berada di atas baku mutu air sungai dengan kadar raksa (Hg) masing-masing 5,8091 ppb dan 6,3105 ppb.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: air sungai; raksa; VGA-AAS; limbah; baku mutu
Subjects: Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Kimia
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 09 Jan 2020 01:25
Last Modified: 09 Jan 2020 01:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28662

Actions (login required)

View Item View Item