Upaya meningkatkan kemampuan membaca dini melalui penggunaan metode Cantol Roudhoh : Penelitian tindakan kelas pada anak kelompok B RA ASh-Shofa desa Cilampeni Katapang Kabupaten Bandung

Ghilman, Faza (2019) Upaya meningkatkan kemampuan membaca dini melalui penggunaan metode Cantol Roudhoh : Penelitian tindakan kelas pada anak kelompok B RA ASh-Shofa desa Cilampeni Katapang Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. COVER.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4. BAB I.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan, terdapat beberapa masalah terkait dengan kemampuan membaca dini anak yang berdampak pada kemampuan membaca dini anak, diantaranya adalah anak belum mampu mengenal huruf alfabet, vokal, dan konsonan, anak belum mampu mengenal kata dari rangkaian huruf-huruf, anak belum mampu mengetahui makna dan maksud bunyi huruf dan anak belum mampu memahami maksud bacaan dalam buku tersebut. Hal tersebut disebabkan metode yang digunakan masih sederhana serta kurang efektif, yaitu hanya dengan menggunakan pola mengeja kata, dimana hal tersebut dirasa kurang tepat karena mengajarkan membaca dini pada anak harus bermakna sehingga membuat suasana pembelajaran kurang menyenangkan dan anak tampak tidak antusias, hal ini terlihat dari respon anak yang kurang memperhatikan saat pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) kemampuan membaca dini sebelum diterapkannya metode Cantol Roudhoh di kelompok B RA Ash-Shofa Kabupaten Bandung. 2) penerapan metode Cantol Roudhoh di kelompok B RA Ash-Shofa Kabupaten Bandung pada setiap siklus. 3) kemampuan membaca dini setelah penerapan metode Cantol Roudhoh di kelompok B RA Ash-Shofa Kabupaten Bandung pada seluruh siklus. Penelitian ini didasari oleh suatu pemikiran bahwa membaca dini merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting bagi anak yang perlu dikembangkan. Kegiatan membaca dini anak perlu diajarkan dengan berbaagai macam metode yang tepat sehingga tidak merusak pola perkembangan anak. Dari asumsi tersebut maka diajukan hipotesis, meningkat kemampuan membaca dini diduga dapat meningkat apabila menggunakan metode Cantol Roudhoh di kelompok B RA Ash-Shofa Desa Cilampeni Katapang Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Alat pengumpulan data dalam penelitian yaitu berupa unjuk kerja, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, kesimpulan dan verfikasi. Subjek atau respoden dalam penelitian ini adalah anak kelompok B RA Ash-Shofa Desa Cilampeni Katapang Kabupaten Bandung yang berjumlah 14 orang pada tahun 2019/2020. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa kemampuan membaca dini anak melalui metode Cantol Roudhoh sebelum dilakukan tindakan memperoleh nilai rata-rata 39,14 dengan kriteria kurang sekali. Proses penerapan metode Cantol Roudhoh dilihat dari aktivitas guru dan anak, pada siklus I aktivitas guru mencapai 77,27% dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat menjadi 95,45% dengan kriteria sangan baik. Demikian pula pada aktivitas anak siklus I mencapai 73,53% dengak kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 92,64% dengan kriteria sangat baik. Adapun kemampuan membaca dini anak pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 55,07 dengan kriteria kurang dan siklus II meningkat menjadi 73,57 dengan kriteria baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca; metode Cantol Roudhoh; anak; RA ASh-Shofa; desa Cilampeni; Katapang; Kabupaten Bandung;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: faza ghilman
Date Deposited: 09 Jan 2020 06:22
Last Modified: 09 Jan 2020 06:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28667

Actions (login required)

View Item View Item