Asep Mustakim, Asep (1210202024) (2014) Implikasi Pedagogik Q.S. Ali Imran ayat 164 tentang Tugas Guru Profesional (Analisis Ilmu Pendidikan Islam). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (575kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (788kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (721kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
Abstract
Statemen dan sinyalemen al-Qur’an tentang masalah pendidikan yang terdapat dalam al-Quran adakalanya bersifat umum sehingga terkadang harus disimpulkannya secara khusus, demikian pula sebaliknya. Oleh karena itu kajianya harus dilakukan berulang kali antara induksi-deduksi. Dari sinilah diharapkan mampu ditangkap pesan dari ayat-ayat al-Quran itu. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilihat dalam Q.S. Ali-Imran ayat 164 diduga terdapat implikasi pedagogik yakni kompetensi yang harus dimiliki guru kaitanya dengan Tugas Guru Profesional, karena seorang guru dituntut harus memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial. Sehingga muncul permasalahan tentang kompetensi apa saja yang harus dimiliki pendidik professional smenurut Q.S. Ali-Imran ayat 164. Tujuan ini untuk mengetahui tugas guru profesional menurut ilmu pendidikan Islam, penafsiran al-Quran surat Ali-Imran ayat 164 menurut para mufasirin, dan untuk mengetahui implikasi pedagogis yang terkandung dalam Q.S. Ali-Imran ayat 164. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa salah satu faktor yang paling menentukan kesuksesan suatu usaha pendidikan adalah faktor pendidik. Bahwa seorang pendidik dituntut memiliki kompetensi, pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial. Pendekatan penelitian ini bersifat kualitatif. Adapun metode yang yang dipakai menggunakan metode analisis isi (content analysis), mengemukakan kata kunci dalam tafsir Q.S. Ali-Imram ayat 164. Adapun sumber data primer, yaitu Q.S. Ali-Imran ayat 164. Dan tafsir al-Maraghi, Ruhul Bayan, Jalalain, Ibnu katsir, al-Mishbah, Shofwatu al-Tafsir, al-Azhar, Fi Zhilalil-Qur,an II, dan yang menjadi data sekundernya adalah buku-buku penunjang lainya yang berkaitan dengan masalah penelitian. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik studi kepustakaan mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan penelitian. Kemudian dilakukan analisis data melalui proses satuan, kategorisasi, fenafsiran data, dan memberikan kesimpulan. Dari penelitian ini diketahui dan dipahami bahwa tugas guru profesional perfektif ilmu pendidikan Islam adalah merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi hasil pembelajaran peserta didik, dan menyempurnakan, membersihkan, menyucikan, serta membimbing manusia untuk bertaqarub kepada Allah SWT.menurut para mufassirin bahwa tafsiran Q.S Ali-Imran ayat 164 secara umum yaitu bahwa Rasul yang membawa risalahnya mempunyai beberapa tugas demikian juga dengan tugas pendidik profesional yang mewarisi tugas yang diemban Rasullah saw,diantaranya adalah : 1) membacakan ayat-ayat Allah; 2) Menyucikan dari berbagai dosa dengan mengajak mereka untuk selalu bertaubat dan berhenti melakukan maksiat; 3) Mengajarkan Al-Quran dan Hadits. Adapun implikasi pedagogik Q.S Ali-Imran ayat 164, kaitanya dengan tugas guru professional bahwa seorang guru dalam menjalankan tugasnya dituntut harus memiliki kompetensi, yakni kompetensi Tilawah, Tazkiyah, Ta’lim dan Hikmah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pedagogik, pendidikan,agama islam, tugas guru profesional |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an Education > Philosophy and Theory of Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 234 not found. |
Date Deposited: | 07 Feb 2017 07:28 |
Last Modified: | 17 Mar 2017 09:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/2871 |
Actions (login required)
View Item |