Penerapan strategi student recap untuk meningkatkan keterampilan menyimak pada pembelajaran tematik: Penelitian tindakan kelas di kelas V MI Muhammadiyah Cipasir Kabupaten Bandung

Astuti, Fera Sriferi (2019) Penerapan strategi student recap untuk meningkatkan keterampilan menyimak pada pembelajaran tematik: Penelitian tindakan kelas di kelas V MI Muhammadiyah Cipasir Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yang terdapat pada pembelajaran tematik di kelas V MI Muhammadiyah Cipasir Kabupaten Bandung, bahwa kurangnya keterampilan peserta didik dalam menyimak pembelajaran tematik. Berdasarkan pengamatan dengan guru kelas V hal tersebut disebabkan karena peserta didik kurang mampu memperhatikan, kurang mampu memahami pembelajaran,kurang mampu menemukan hal penting yang terdapat pada pembelajaran. Sehingga berpengaruh terhadap keterampilan menyimak peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil keterampilan menyimak sebelum dan sesudah menerapkan strategi student recap serta memberikan gambaran proses pembelajaran dengan menerapkan strategi student recap pada pembelajaran tematik di kelas V MI Muhammadiyah Cipasir Kabupaten Bandung. Strategi student recap merupakan strategi pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk meringkas apa yang telah mereka pelajari dan menyampaikan ringkasannya kepada orang lain. Strategi ini adalah cara yang baik untuk mendorong peserta didik meringkas apa yang telah mereka pelajari dengan caranya sendiri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dalam setiap siklus terdapat dua tindakan dan beberapa tahapan diantara nya perencanaan, pengamatan, pelaksanaan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, rubrik keterampilan menyimak, dan hasil tugas peserta didik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V MI Muhammadiyah Cipasir sebanyak 23 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil keterampilan menyimak peserta didik sebelum menerapkan strategi student recap masih kurang dengan nilai rata-rata 57. Penerapan strategi student recap berjalan baik sesuai dengan tahapan kegiatan pembelajaran dan mengalami peningkatan setiap siklusnya. Adapun keterampilan menyimak peserta didik setelah menerapkan strategi student recap mengalami peningkatan, pada siklus I tindakan I nilai rata-rata memperoleh 62 dan tindakan II 70,2 dapat diketahui siklus I tindakan II mengalami peningkatan dan nilai rata-rata cukup sesuai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu ≥70 sedangkan pada siklus II tindakan I nilai rata-rata memperoleh 74,3 dan tindakan II 77. Jika dibandingkan siklus I maka siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata yang melebih kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan telah sesuai dengan tujuan yang diharapkan yaitu dapat meningkatkan keterampilan menyimak pada pembelajaran tematik dengan perolehan hasil keterampilan menyimak yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Student Recap; Keterampilan Menyimak;
Subjects: Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fera Sriferi Astuti
Date Deposited: 14 Jan 2020 03:57
Last Modified: 14 Jan 2020 03:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28749

Actions (login required)

View Item View Item