“Tanggapan Siswa terhadap Penggunaan E-Book dalam Pembelajaran Hubungannya dengan Prestasi Kognitif Mereka pada Mata Pelajaran PAI” (Penelitian di Kelas VII SMP Laboratorium Percontohan UPI Cibiru Bandung)

Rinni Indriyani, Rinni (1210202151) (2014) “Tanggapan Siswa terhadap Penggunaan E-Book dalam Pembelajaran Hubungannya dengan Prestasi Kognitif Mereka pada Mata Pelajaran PAI” (Penelitian di Kelas VII SMP Laboratorium Percontohan UPI Cibiru Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (470kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)

Abstract

Sekolah merupkan lembaga pendidikan formal, yang dalam kegiatan pembelajaran memerlukan adanya media. Hal ini ditunjukan agar hasil belajar siswa menjadi lebih baik dari yang sebelumnya. Dengan memakai media yang tepat diharapkan dapat dihasilkan pemahaman yang lebih baik bagi siswa. Berdasarkan studi pendahuluan di SMP Laboratorium Percontohan UPI Cibiru Bandung. Guru PAI menuturkan bahwa dalam pembelajaran PAI sudah dilaksanakan serbagai media pembelajaran, yaitu dengan menggunakan E-Book. Diharapkan dengan menggunakan E-Book prestasi belajar siswa di sekolah lebih meningkat. Namun pada kenyataannya masih terdapat siswa yang mempunyai prestasi atau mendapatkan nilai di bawah rata-rata yang telah ditentukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui realitas tanggapan siswa terhadap penggunaan E-Book dalam pembelajaran di kelas VII SMP Laboratorium Percontohan UPI Cibiru Bandung. Mengetahui realitas prestasi kognitif pada mata pelajaran PAI di kelas VII SMP Laboratorium Percontohan UPI Cibiru Bandung, dan realitas hubungan antara tanggapan siswa mengenai penggunaan E-Book dalam pembelajaran dengan prestasi kognitif pada mata pelajaran PAI siswa kelas VII di SMP Laboratorium Percontohan UPI Cibiru Bandung. Penelitian ini berdasarkan pada kajian teoritis yang menyatakan bahwa penggunaan media memiliki peranan yang sangat penting dalam prestasi kognitif. Adanya prestasi pada siswa dalam belajar salah satunya dipengaruhi oleh adanya media yang baik dan tepat. Oleh karena itu, hipotesis penelitian ini ialah terdapat hubungan positif antara tanggapan siswa terhadap penggunaan E-Book dalam pembelajaran dengan prestasi kognitif dalam mata pelajaran PAI. Secara umum, penelitian bersifat empirik dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik angket, tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data kuantitatif dengan menggunakan analisis parsial dan analisis korelasi. Adapun sampelnya sebanyak 50 orang siswa sebagai responden dalam penelitian ini. Dari hasil penghitungan statistik diketahui tanggapan siswa terhadap penggunaan E-Book dalam pembelajaran diperoleh rata-rata sebesar 3,63, angka tersebut termasuk kategori baik karena berada pada interval 3,5 – 4,5. Prestasi kognitif belajar PAI siswa diperoleh rata-rata sebesar 70,26, angka tersebut termasuk kategori baik karena berada pada interval 70 – 79. Adapun hubungan antara kedua variabel termasuk kategori korelasi (0,77), angka tersebut termasuk kategori tinggi karena berada pada interval 0,60 – 0,80. Dari angka tersebut (0,77) diperoleh “t” hitung sebesar 12,97 dan “t” tabel 1,67. Hal ini berarti Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis nol (Ho) ditolak. Dilihat dari tinggi rendahnya kadar pengaruh variabel X terhadap pariabel Y diperoleh kadar sebesar 36% dan diperkirakan 64% naik turunya kualifikasi prestasi kognitif pada mata pelajaran PAI dipengaruhi oleh faktor lain, baik faktor internal maupun eksternal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: siswa,e-book,pembelajaran,prestasi kognitif,pendidikan agama islam.
Subjects: General Bibliographies > Bibliographies by Specific Forms
Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 234 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2017 03:19
Last Modified: 13 Feb 2017 04:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2877

Actions (login required)

View Item View Item