Manajemen bimbingan konseling dalam pegembangan potensi kepribadian peserta didik: Penelitian di MA Al-Falah II Nagreg Kabupaten Bandung

Fadila, Fajrin Nurul (2019) Manajemen bimbingan konseling dalam pegembangan potensi kepribadian peserta didik: Penelitian di MA Al-Falah II Nagreg Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunug Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy

Abstract

Kepribadian peserta didik belum tentu berkembang dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat, lingkungan karir maupun lingkungan pendidikan. Untuk memperoleh kepribadian yang baik, diperlukan adanya manajemen bimbingan konseling yang dapat mengembangkan potensi kepribadian peserta didik dan dapat membantu peserta didik dalam segi psiko-sosial yang dapat menyelesaikan permasalahan peserta didik di lingkungan pendidikan, lingkungan karir maupun lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai latar alamiah MA Al-Falah II, manajemen bimbingan konseling, faktor-faktor pendukung dan penghambat serta hasil yang dicapai oleh manajemen bimbingan konseling. Penelitian ini berdasar pada pemikiran bahwa untuk mencapai tujuan layanan bimbingan konseling yang efektif dan efisien perlu adanya manajemen yang baik agar terkelola secara sistematis melalui 1) perencanaan, 2) pengorganisasian, 3) pengarahan, 4) pengkoordinasian dan 5) pengawasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui unitisasi, kategorisasi dan penafsiran yang bertujuan untuk menafsirkan secara deskripsi semata-mata. Adapun uji absah data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pengecekan sejawat, pengecekan anggota dan urai rinci. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan bimbingan konseling dimulai dari analisis kebutuhan peserta didik, tujuan bimbingan konseling, metode bimbingan konseling dan perencanaan evaluasi. Pengorganisasian bimbingan konseling meliputi koordinator BK, tugas dan wewenang koordinator bimbingan konseling. Pengarahan bimbingan konseling dilakukan dengan bimbingan kolompok dan bimbingan individu. Pengkoordinasian bimbingan konseling, koordinator BK berkoordinasi dengan Kepala Sekolah, wakabid kesiswaan, tenaga pendidik dan kependidikan, orangtua peserta didik, pihak yayasan dan masyarakat. Pengawasan bimbingan konseling dilakukan dengan kunjungan rumah (home visit). Faktor-faktor penunjang adalah peraturan sekolah, personil sekolah, instrumentasi data, dan kunjungan rumah, sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya asisten konselor pendidikan, peserta didik, dan administrasi bimbingan konseling. Adapun hasil yang dicapai manajemen bimbingan konseling dalam mengembangkan potensi kepribadian peserta didik meliputi hasil yang dicapai dalam hasil pembelajaran peserta didik, hasil yang dicapai dalam karir peserta didik, dan hasil yang dicapai dalam tingkah laku serta moral peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Bimbingan Konseling; Kepribadian;
Subjects: Psychology
Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fajrin Nurul Fadila
Date Deposited: 16 Jan 2020 06:46
Last Modified: 16 Jan 2020 06:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28821

Actions (login required)

View Item View Item