Pengaruh pendapatan investasi portofolio dan pendapatan surplus underwriting terhadap total pendapatan pt asuransi sinarmas syariah tahun 2015 s/d 2017

Islam, Itsnan Muhammad Tsani Syahrul (2019) Pengaruh pendapatan investasi portofolio dan pendapatan surplus underwriting terhadap total pendapatan pt asuransi sinarmas syariah tahun 2015 s/d 2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy

Abstract

Pentingnya mengantisipasi risiko menjadikan perusahaan Asuransi Syariah banyak di pilih masyarakat sebagai bentuk antisipatif dari kemungkinan terjadinya risiko terutama dalam penyediaan jaminan finansial. Besarnya peluang investasi portofolio yang di dapat dari dana peserta bisa menjadi salah satu alternatif perusahaan dalam meningkatkan pendapatannya. Selain itu, tidak ada klaim atau terjadi sedikit klaim dari nasabah juga menyebabkan terjadinya kelebihan dana cadangan tabarru’. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendapatan investasi portofolio dan pendapatan surplus underwriting terhadap total pendapatan di PT. Asuransi Sinarmas Syariah baik secara parsial maupun simultan. Kerangka berpikir dalam penelitian ini adalah berdasarkan banyaknya portofolio perusahaan yang di investasikan. Semakin tinggi hasil investasi portofolio maka semakin tinggi pula total pendapatan. Selain itu, surplus underwriting yang di dapat dari sisa bersih dana tabarru’ peserta kemudian dikelola juga diinvestasikan agar dapat berkembang dan digunakan untuk penanggulangan risiko yang lebih besar. Semakin tinggi pendapatan surplus underwriting maka semakin tinggi pula total pendapatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data yang di dapat dari halaman website resmi yang disediakan oleh PT Asuransi Sinarmas Syariah (www.sinarmas.co.id) Tahun 2015 s/d. 2017. Adapun metode statistik yang digunakan antara lain analisis regresi sederhana dan berganda, korelasi Pearson Product Moment, koefisien determinasi, uji hipotesis (Uji-t dan Uji-F). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial pendapatan investasi portofolio berpengaruh signifikan terhadap total pendapatan, nilai koefisien korelasi 0,952 (sangat kuat) dan nilai koefisien determinasi sebesar 90,5%. Secara parsial pendapatan surplus underwriting berpengaruh signifikan terhadap total pendapatan, nilai koefisien korelasi 0,646 (kuat) dan nilai koefisien determinasi sebesar 41,7%. Kemudian secara simultan diperoleh hasil bahwa pendapatan investasi portofolio dan pendapatan surplus underwriting berpengaruh signifikan terdahap total pendapatan dengan nilai koefisien korelasi 0,968 (sangat kuat), nilai koefisien determinasi pendapatan investasi portofolio dan pendapatan surplus underwriting sebesar 93,6%. Hasil uji hipotesis secara simultan diperoleh hasil Fhitung>Ftabel yaitu sebesar 66.07 > 4,26, artinya secara simultan pendapatan investasi portofolio dan pendapatan surplus underwriting berpengaruh signifikan terhadap total pendapatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Asuransi Syariah; Investasi Portofolio; Surplus Underwriting; Total Pendapatan;
Subjects: Accounting
Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Auditing
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: itsnan islam
Date Deposited: 17 Jan 2020 01:50
Last Modified: 17 Jan 2020 01:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28825

Actions (login required)

View Item View Item