Pengaruh pembiayaan multijasa dan pembiayaan Murabahah terhadap Non Performing Financing (NPF) pada PT BPRS Baiturrudha Pusaka Bandung periode 2015-2017

Amin, Muhammad Zulkifli (2020) Pengaruh pembiayaan multijasa dan pembiayaan Murabahah terhadap Non Performing Financing (NPF) pada PT BPRS Baiturrudha Pusaka Bandung periode 2015-2017. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (584kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy

Abstract

Perbankan syariah sebagai bagian dari sistem perbankan nasional mempunyai peranan penting dalam perekonomian. Peranan perbankan syariah dalam aktivitas ekonomi Indonesia tidak jauh berbeda dengan perbankan konvensional. Perbedaan mendasar antara keduanya terletak pada prinsip-prinsip dalam transaksi keuangan atau operasional. Salah satu prinsip dalam operasional perbankan syariah adalah penerapan bagi hasil dan resiko (profit and loss sharing). Prinsip ini tidak berlaku diperbankan konvensional yang menerapkan sistem bunga. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui pengaruh jumlah Pembiayaan Multijasa terhadap Non Performing Financing (NPF) secara parsial (2) Mengetahui Pembiayaan Murabahah terhadap Non Performing Financing (NPF) secara parsial (3) Mengetahui Pembiayaan Multijasa dan Pembiayaan Murabahah terhadap Non Performing Financing (NPF) secara simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode kuantitatif dengan menggunakan uji t dan uji f, untuk pengolahan data digunakan program SPSS V.22 dan Microsoft Excel 2013 sebagai alat bantu. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diolah dari laporan keuangan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Baiturridha yang di publikasi di www.bi.go.id. Hasil penelitian secara simultan ketiga variabel menujukan bahwa Jumlah Pembiayaan Multijasa (X1) dan Pembiayaan Murabahah (X2) terhadap Non Performing Financing (NPF) (Y) dengan hasil fhitung ˂ ftabel (0,183˂4,26) dengan nilai signifikan 0,836 %. Dapat di simpulkan bahwa Ho ditolak, Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh dan konstribusi yang signifikan antara Pembiayaan Multijasa dan Pembiayaan Murabahah terhadap Non Performing Financing (NPF) pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Baiturridha Pusaka Bandung.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Multijasa; Pembiayaan Murabahah; Non Performing Financing (NPF)
Subjects: Econmics > Research Methods of Economic
General Management > Financial Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Muhammad Zulkifli Amin
Date Deposited: 20 Jan 2020 06:09
Last Modified: 28 Jun 2022 03:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28879

Actions (login required)

View Item View Item