Pengaruh Earning per Share (EPS) dan Return on Investment (ROI) terhadap tingkat harga saham pada PT. Jasa Marga (Persero) Tbk.

Mariyah, Mari (2017) Pengaruh Earning per Share (EPS) dan Return on Investment (ROI) terhadap tingkat harga saham pada PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (537kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)

Abstract

Penelitian ini berawal penelitian bahwa Earning per Share (EPS) dan Return on Investment (ROI) berpengaruh terhadap Tingkat Harga Saham pada PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. Hal tersebut diperkuat dengan melihat data per tahun rasio keuangan PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengalami fluktuasi diantara Earning per Share (EPS) dan Return on Investment (ROI) yang diikuti dengan perubahan nilai tingkat harga saham. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh Earning per Share terhadap Tingkat Harga Saham, (2) mengetahui pengaruh Return on Investment (ROI) terhadap Tingkat Harga Saham, (3) untuk mengetahui pengaruh Earning per Share (EPS) dan Return on Investment (ROI) terhadap Tingkat Harga Saham pada PT. Jasa Marga (Persero) Tbk periode 2008-2015. Kerangka pemikiran yang digunakan dalam penelitian yang akan dilakukan: seorang investor perlu mengetahui bagaimana kinerja keuangan emiten dalam keputusan investasinya. Untuk itu, investor membutuhkan banyak informasi, dalam laporan keuangan suatu perusahaan para investor akan dapat memperoleh banyak informasi. Ada beberapa rasio yang digunakan untuk menghitung harga saham melalui analisis fundamental yang dipilih adalah Earning per Share(EPS) dan Return on Investment (ROI). Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.Dengan menggunakan data historis berupa Annual Report PT. Jasa Marga (Persero) Tbk periode tahun 2008-2015.Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana, regresi linier berganda, korelasi Pearson Product Moment (PPM), korelasi berganda, dan koefisien determinasi. Hipotesis diuji menggunakan t-statistik untuk menguji keberartian koefisien secara parsial serta F-statistik untuk menguji keberartian koefisien regresi secara bersama-sama (simultan). Berdasarkan hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pengujian hipotesis terhadap Earning per Share menunjukkan hasil nilai thitung ≥ ttabel (4,195 ≥ 2,776) maka Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Earning per Share (EPS) terhadap tingkat harga saham. 2) pengujian hipotesis terhadap Return on Investment (ROI) menunjukkan hasil nilai thitung ≤ ttabel (-0,154 ≤ 2,776) dapat disimpulkan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima yang artinya terdapat pengaruh negatif tidak signifikan antara Return on Investment (ROI) terhadap tingkat harga saham. 3) pengujian hipotesis terhadap EPS, ROI dan Tingkat Harga Saham menunjukkan hasil nilai Fhitung ≥ Ftabel(7,715≥5,79) dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh positif dan kontribusi yang signifikan antara Earning per Share (EPS) dan Return on Investment (ROI) terhadap Tingkat harga Saham.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Earning per Share (EPS); Return on Investment (ROI); Tingkat Harga Saham;
Subjects: Financial Economics, Finance > Investment
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 21 Jan 2020 01:51
Last Modified: 21 Jan 2020 01:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28908

Actions (login required)

View Item View Item