Pengembangan lembar kerja tipe SWH (Science Writing Heuristik) pada pembuatan pasta gigi nanopartikel cangkang telur bebek dan ekstrak daun sirih (Piper betle Linn)

Iswanti, Nanih (2017) Pengembangan lembar kerja tipe SWH (Science Writing Heuristik) pada pembuatan pasta gigi nanopartikel cangkang telur bebek dan ekstrak daun sirih (Piper betle Linn). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFATR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (542kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (956kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (DAFATR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya pengembangan lembar kerja (LK) untuk menunjang dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun lembar kerja berbasis SWH (Science Writing Heuristik), mengetahui uji kelayakan LK berbasis SWH, dan penentuan kondisi optimum pasta gigi nanopartikel cangkang telur bebek dan ekstrak Daun Sirih (P. betle). Lembar kerja dibuat dengan metode Research and Development. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi format uji kelayakan dan LK mahasiswa. Data yang diperoleh dihitung menggunakan persamaan rhitung yang dibandingkan dengan rtabel pada uji kelayakan. penelitian ini menghasilkan LK berbasis SWH yang pembuatannya meliputi analisis litelatur pembuatan pasta gigi nanopartikel cangkang telur bebek, analisis pembuatan ekstrak daun sirih, dan analisis langkahlangkah dalam LK SWH yang terdiri dari gagasan awal, pengujian, observasi, klaim, bukti, membaca, dan refleksi, kemudian hasil dari analisis konsep berupa kompetensi dasar dikaitkan dengan ide penelitian dengan judul pengembangan lembar kerja berbasis SWH pada pembuatan pasta gigi nanopartikel cangkang telur bebek dan ekstrak daun sirih (P. betle). Lembar kerja berbasis SWH pada pembuatan pasta gigi dari nanopartikel cangkang telur bebek dan ekstrak daun sirih dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata rhitung 0,77. Hasil pembuatan pasta gigi nanopartikel cangkang telur bebek dan ekstrak daun sirih menunjukan kondisi optimum pada konsentrasi serbuk cangkang telur 30% dengan konsentrasi CMC 2%, yang mendapatkan pH 8,7 dengan uji organoleptik yang menentukan warna, bau, dan bentuk pada pasta gigi dengan hasil warna: putih keabu-abuan, bau: mint, bentuk: cukup kental

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Lembar kerja SWH; Pasta gigi; Cangkang telur bebek; Daun sirih;
Subjects: Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Organic Chemistry > Organic Chemical Reactions
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 22 Jan 2020 02:50
Last Modified: 22 Jan 2020 02:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28942

Actions (login required)

View Item View Item