Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap sengketa Murabahah pada pembiayaan BNI Griya syariah dalam putusan pengadilan agama Bogor nomor 883/Pdt.G/2013/PA.Bgr

Yolanda, Hanik Rohma (2019) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap sengketa Murabahah pada pembiayaan BNI Griya syariah dalam putusan pengadilan agama Bogor nomor 883/Pdt.G/2013/PA.Bgr. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy

Abstract

Dalam putusan Pengadilan Agama Bogor Nomor 883/Pdt.G/2013/PA.Bgr merupakan putusan tentang sengketa ekonomi syariah antara penggugat yang bernama Ir. Basuki Trihatmadi dan tergugat PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Bogor juga beberapa tergugat dan turut tergugat lainnya. Sengketa yang terjadi mengenai perbuatan wanprestasi dan perbuatan melawan hukum. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui duduk perkara sengketa murabahah pada pembiayaan BNI Griya Syariah dalam putusan Pengadilan Agama Bogor Nomor 883/Pdt.G/PA.Bgr, mengetahui penyelesaian sengketa murabahah di Pengadilan Agama Bogor terhadap perkara Nomor 883/Pdt.G/PA.Bgr, dan mengetahui tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap wanprestasi dan perbuatan melawan hukum yang dilakukan PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Bogor dalam perkara Nomor 883/Pdt.G/PA.Bgr. Penelitian ini menggunakan kerangka penelitian penyebab terjadinya sengketa ekonomi syariah. Sengketa ekonomi syariah berupa wanprestasi diatur dalam Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (KHES). Pedoman perbankan syariah dalam menjalankan usahanya diatur dalam Undang-Undang No. 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu mengamati data-data lalu dikaji lebih mendalam. Sedangkan sumber data yang dibutuhkan dalam penelitian ini terdiri atas sumber data primer, yaitu sumber data yang diperoleh langsung dari Pengadilan Agama Bogor berupa putusan. Sedangkan sumber data sekunder yaitu sumber data yang berasal dari menelaah buku-buku dan literatur lain yang berhubungan dengan konsep wanprestasi dan perbuatan melawan hukum. Teknik pengumpulan data ditempuh dengan teknik wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian atas perkara Nomor 883/Pdt.G/PA.Bgr duduk perkara gugatan penggugat adalah wanprestasi tergugat atas akad murabahah. Putusan Hakim menolak gugatan penggugat adalah telah sesuai. Perbuatan melawan hukum dilakukan oleh tergugat I karena terbukti melanggar ketentuan Undang-Undang No. 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah. Namun hal itu tidak mempengaruhi akad murabahah. Perbuatan ingkar janji terbukti dilakukan oleh penggugat, mengacu pada ketentuan Pasal 38 Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (KHES) tentang sanksi ingkar janji, majelis Hakim membebankan biaya perkara terhadap penggugat sebagai sanksi atas perbuatan wanprestasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: hukum; ekonomi syariah; sengketa Murabahah; pembiayaan; BNI Griya syariah;
Subjects: Private Law
Private Law > Banking and Insurance Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Hanik Rohma Yolanda
Date Deposited: 24 Jan 2020 06:46
Last Modified: 11 Feb 2020 02:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28994

Actions (login required)

View Item View Item