Supervisi kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja guru berbasis akademik: Penelitian di MI Al-Inayah dan MI Al-Lathif Bandung

Sariningsih, Sariningsih (2019) Supervisi kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja guru berbasis akademik: Penelitian di MI Al-Inayah dan MI Al-Lathif Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)

Abstract

INDONESIA: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan supervisi dalam meningkatkan kinerja guru di MI Al-Inayah dan MI Al-Lathif Bandung belum optimal, seperti : guru yang kurang eksplor dalam menyampaikan materi, sebagian guru yang belum bisa menggunakan media pembelajaran, kondisi ruangan yang sempit, administrasi guru yang kurang lengkap serta kesibukan kepala madrasah dengan kegiatan di luar menyebabkan jadwal supervisi menjadi berubah dan sulit untuk mendapatkan jadwal yang sesuai dengan guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis program, implementasi, solusi dan hasil supervisi kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja guru berbasis akademik. Teori yang dipakai dalam penelitian ini menurut Uhar Suharsaputra yang mengatakan bahwa “supervisi kinerja guru pada dasarnya merupakan upaya untuk membantu para guru dalam meningkatkan dan mengembangkan kemampuannya dalam melaksanakan peran dan tugasnya dalam organisasi sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif analitik. Pengumpulan data melalui tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari : Kepala Madrasah, dan guru-guru. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan uji keabsahan datanya dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa (1) Program supervisi akademik di kedua madrasah ini diawali dengan menyusun program diawal dan diakhir tahun pelajaran yang dijabarkan kedalam program semester yang dibantu oleh beberapa guru (2) Implementasi supervisi yang dilakukan dikedua madrasah ini sudah benar, para guru selalu mempersiapkan perangkat pembelajaran baik RPP maupun silabus sebelum masuk ke kelas dan pertemuan kepala madrasah sebagai supervisor dengan guru baik di luar dan di dalam kelas, atau di lapangan (3) Solusi dalam mengatasi supervisi yang waktunya bentrok yaitu dengan cara mewakilkan kepada para guru yang sudah dibimbing untuk menjadi supervisor bagi guru lainnya dan menggunakan alat tape recorder/video di MI Al-Inayah dan CCTV di MI Al-Lathif. Adapun dalam menghadapi permasalahan proses pembelajaran yaitu dengan cara mengikutsertakan guru untuk workshop atau pelatihan dan dengan teknik individu (4) Hasil supervisi dapat memotivasi para guru untuk menjadi lebih baik lagi pada saat membuat perangkat pembelajaran dan pada saat proses pembelajaran dilakukan. ENGLISH: This study is motivated by the implementation of supervision in improving teacher performance at MI Al-Inayah and MI Al-Lathif Bandung, not yet optimal, such as: teachers who are less exploratory in delivering material, some teachers who cannot use learning media, narrow room conditions, teacher administration incomplete and busy madrasah heads with outside activities cause the supervision schedule to change and it is difficult to get a schedule that is in accordance with the teacher. The purpose of this study is to find out and analyze the program, implementation, solutions and results of supervising the madrasa to improve the performance of academic-based teachers. The theory used in this study according to Uhar Suharsaputra said that "supervision of teacher performance is basically an effort to help teachers improve and develop their abilities in carrying out their roles and duties in school organizations. This study uses a qualitative approach, with descriptive analytical methods. Data collection through interview, observation, and documentation techniques. Data sources consist of: Head of Madrasah, and teachers. Data analysis techniques through data reduction, data presentation, drawing conclusions, and testing the validity of the data with triangulation. The results of this study indicate that (1) The academic supervision program in these two madrassas begins by preparing the program at the beginning and at the end of the school year which is elaborated into the semester program assisted by several teachers (2) The implementation of supervision conducted in both madrasas is correct, the teachers always prepare learning tools both RPP and syllabus before entering the classroom and meeting the headmaster of madrasas as supervisors with teachers both outside and inside the classroom, or in the field (3) Solutions in overcoming conflicting supervision times that is by representing to teachers who have already guided to become a supervisor for other teachers and use a tape recorder / video tool at MI Al-Inayah and CCTV at MI Al-Lathif. As for dealing with problems of the learning process that is by involving teachers for workshops or training and with individual techniques (4) The results of supervision can motivate teachers to become even better when making learning tools and when the learning process is carried out.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi; Kinerja Guru; Akademik
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 24 Jan 2020 09:21
Last Modified: 26 Jan 2022 01:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29016

Actions (login required)

View Item View Item