Pengaruh berbagai dosis pupuk guano dan jenis media tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman buncis (Phaseolus vulgaris L.) varietas balitsa 2

Jamil, M. David Nur Awaludin (2017) Pengaruh berbagai dosis pupuk guano dan jenis media tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman buncis (Phaseolus vulgaris L.) varietas balitsa 2. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)

Abstract

Pemberian berbagai dosis pupuk guano dan jenis media tanam dapat meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman buncis. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh berbagai dosis pupuk guano dan jenis media tanam serta untuk menentukan dosis optimum berbagai pupuk guano dan jenis media tanam manakah yang memberikan pengaruh baik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman buncis. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan September sampai November 2016 di kebun percobaan Fakultas Pertanian UNPAD Ciparanje Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan rancangan percobaan rancangan acak lengkap (RAL) faktorial dengan 3 kali ulangan yang terdiri atas dua faktor. Faktor pertama adalah pupuk guano yang terdiri dari 3 taraf yaitu g0 = kontrol, g1 = 6 t ha. Faktor kedua adalah media tanam yang terdiri dari 3 taraf yaitu m1 = tanah, m2 = arang sekam, dan m3 = cocopeat. Uji lanjut yang digunakan adalah uji DMRT 5% (duncan multiple range test). Hasil penelitian menunjukan tidak terjadi interaksi antara pupuk guano dan jenis media tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman buncis. Secara mandiri dosis pupuk guano 12 t ha-1, g2 = 12 t ha -1, dan g3 = 18 t ha -1 berpengaruh baik terhadap jumlah buah, berat basah buah, bobot kering buah tanaman buncis dan jenis media tanam tanah berpengaruh baik terhadap jumlah buah, bobot basah buah, bobot kering buah, bobot kering berangkasan dan nisbah pupus akar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: buncis; guano; media tanam;
Subjects: Specific Techniques of Agriculture > Fertilizers, Growth Regulator
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 27 Jan 2020 03:49
Last Modified: 27 Jan 2020 03:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29038

Actions (login required)

View Item View Item