Herdiani, Mira (2017) Strategi kolaboratif guru bimbingan konseling dengan guru pendidikan agama islam dalam membentuk akhlakul karimah siswa: Penelitian deskriptif di Madrasah Tsanawiyah Al-Mukhlisin Desa Lengkong Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (274kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
Abstract
Dalam Islam, akhlak merupakan hal yang mutlak dan harus dimiliki oleh setiap muslim. Akan tetapi saat ini akhlak siswa terkadang tidak sesuai dan bertentangan dengan nilai-nilai kesopanan di sekolah. Salah satunya di MTs Al-Mukhlisin ada beberapa siswa yang berkata tidak sopan terhadap guru, memakai pakaian yang ketat, siswa perempuan banyak yang menggunakan make-up, bolos sekolah, telat masuk ke kelas dan terlibat perkelahian dengan teman-temannya. Tujuan penelitian ini adalah yang pertama, untuk mengetahui profil akhlak siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Mukhlisin, lalu yang kedua untuk mengetahui kolaborasi Guru BK dengan Guru PAI, ketiga untuk mengetahui metode kolaborasi Guru BK dengan Guru PAI dalam membentuk akhlakul karimah siswa, dan yang keempat untuk mengetahui hasil yang dicapai dari kolaborasi Guru BK dengan Guru PAI dalam membentuk akhlakul karimah siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Mukhlisin. Penelitian ini mengambil dari pemikiran bahwa strategi kolaboratif merupakan suatu cara atau metode kerjasama yang digunakan untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan agar terjadi kesesuaian dengan teknik yang diinginkan. Kolaborasi tersebut yaitu adanya kerjasama antara Guru Bimbingan Konseling dengan Guru Pendidikan Agama Islam. Guru Pendidikan Agama Islam memiliki tugas untuk memberikan pemahaman, menjelaskan, mengarahkan tentang pribadi yang baik kepada siswa, sedangkan tugas Guru BK yang mengontrol sikap keseharian siswa diluar kelas, dengan menegurnya, memberi sapa, nasehat dan mencontohkan pribadi baik pada siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi kolaboratif guru BK dengan guru PAI dalam membentuk akhlakul karimah siswa di MTs Al-Mukhlisin cukup berjalan dengan baik. Salah satu bukti adanya kolaborasi Guru BK dengan Guru PAI dalam membentuk akhlak siswa yang disiplin, jujur, sopan, bertutur kata dengan baik, serta mampu mengontrol emosi berdasarkan metode pembelajarannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kolaborasi; akhlak; pendidikan agama islam; siswa |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Ilham Nurfauzi |
Date Deposited: | 28 Jan 2020 01:37 |
Last Modified: | 28 Jan 2020 01:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29066 |
Actions (login required)
View Item |