Implementasi pengurangan penggunaan kantong plastik di kota Bandung

Erizal, Nugivasya Fitra (2019) Implementasi pengurangan penggunaan kantong plastik di kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu fenomena yang terjadi yaitu masalah pencemaran lingkungan hidup di kota-kota besar di Indonesia salah satunya Kota Bandung.dengan adanya kebijakan kantong plastic berbayar atau diet kantong plastic adalah merupakan satu dari sejumlah upaya strategis kementerian lingkungan hidup untuk mengurangi sampah plastic. Pemerintah mengeluarkan kebijakan kantong plastic berbayar agar konsumen mengurangi penggunaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pengurangan penggunaan kantong plastic di Kota Bandung. Di dalam penelitian ini mengacu pada teori implementasi kebijakan publiik George Charles Edward III bahwa keberhasilan implementasi kebijakan dipengaruhi oleh empat dimensi yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Metode yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif deskriptif, isntrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri sedangkan sumber penelitiannya adalah aparatur pemerintah dan masyarakat di Kota Bandung. Perolehan data yang didapat oleh peneliti yaitu melalui observasi, wawancara, dokumnetasi dan studi kepustakaan serta menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Kebijakan Program pengunrangan penggunaan kantong plastic di Kota Bandung telah berjalan cukup baik meskipun pada tahap bekerlanjutan pasca program belum optimal secara optimal secara keseluruhan dalam hal merawat lingkungan, hal ini dikarenakan dilihat dari empat dimensi dalam implementasi kebijakan. Pertama, komunikasi sudah berjalan efektif. Kedua, sumber daya sudah berjalan efektif. Ketiga, disposisi berjalan efektif. Keempat, struktur birokrasi dalam implementasi kebijakan program penggurangan penggunaan kantong plastic di Kota Bandung sudah berjalan efektif karena telah mempunyai SK Indikator kinerja Utama DLHK dan prosedur fragmentasi yang jelas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan; Program Pengurangan penggunaan kantong plastic; aparatur Pemerintah; Masyarakat.
Subjects: Administration of The Physical Plant
Argument and Persuasion
Adventure, Collected Accounts of Events
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Nugivasya Fitra Erizal
Date Deposited: 29 Jan 2020 02:09
Last Modified: 29 Jan 2020 02:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29083

Actions (login required)

View Item View Item