Nur'Azmi, Hesti (2019) Pengaruh media Edmodo berbasis E-Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas X di SMAN 26 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (371kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (571kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) | Request a copy |
Abstract
Penggunaan media pembelajaran Edmodo sebagai sistem pembelajaran berbasis online, diharapkan menjadi media yang bisa memotivasi peserta didik dalam belajar sehingga hasil belajar peserta didik lebih meningkat dan juga memberi keleluasaan bagi peserta didik untuk melakukan penyerapan materi ajar pada waktu yang dianggap paling tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh media edmodo berbasis e-learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ekosistem. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi-eksperiment dengan pola Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design yang membandingkan dua kelompok. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 2 kelas yang berjumlah 66 siswa, kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, lembar penilaian (pre-test dan post-test) dan angket. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media edmodo berbasis e-learning berjalan dengan baik. (2). Terdapat perbedaan rata-rata nilai yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol dengan nilai t hitung 2,041 > 1,67, yang menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif terhadap penggunaan media edmodo berbasis e-learning terhadap hasil belajar pada materi ekosistem. (3) Hasil motivasi siswa yang diukur menggunakan angket ARCS sebesar 4,05 yang termasuk dalam kategori siswa memiliki motivasi sangat tinggi dalam belajar materi ekosistem dengan menggunakan media edmodo berbasis e-learning.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Edmodo;HasilBelajar;Motivasi;Ekosistem. |
Subjects: | Education > Miscellany of Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Hesti Nurazmi |
Date Deposited: | 05 Apr 2020 14:07 |
Last Modified: | 05 Apr 2020 14:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29093 |
Actions (login required)
View Item |