Fitriliyani, Dewi (2019) Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis ict dengan Macromedia Flash untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika dan minat belajar siswa: Penelitiam kuasi eksperimen di Kelas VII SMP Negeri 1 Gabuswetan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (602kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (807kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (642kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (854kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen tentang peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dan minat belajar siswa, melalui Media Pembelajaran berbasis ICT dengan Macromedia Flash. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui: (a) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan media pembelajaran macromedia flash, (b) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional, (c) perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan media pembelajaran macromedia flash dengan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional, (d) Untuk mengetahui perbedaan peningkatan minat belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran macromedia flash dengan peningkatan minat belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas VII-G dan VII-H SMP Negeri 1 Gabuswetan. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa tes dan nontes. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data n-gain menggunakan uji-t independent diperoleh: (a) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan media pembelajara macromedia flash berkategori sedang, (b) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional berkategori rendah, (c) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis ICT dengan Macromedia Flash lebih baik daripada siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional, (d) Peningkatan minat belajar siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis ICT dengan Macromedia Flash lebih baik daripada siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas; Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika; Media Pembelajaran Macromedia Flash; Minat Belajar Siswa; |
Subjects: | Mathematics Algebra Arithmetics Applied mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dewi Fitriliyani |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 07:36 |
Last Modified: | 29 Jan 2020 07:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29107 |
Actions (login required)
View Item |