Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis ict dengan Macromedia Flash untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika dan minat belajar siswa: Penelitiam kuasi eksperimen di Kelas VII SMP Negeri 1 Gabuswetan

Fitriliyani, Dewi (2019) Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis ict dengan Macromedia Flash untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika dan minat belajar siswa: Penelitiam kuasi eksperimen di Kelas VII SMP Negeri 1 Gabuswetan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (602kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen tentang peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dan minat belajar siswa, melalui Media Pembelajaran berbasis ICT dengan Macromedia Flash. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui: (a) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan media pembelajaran macromedia flash, (b) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional, (c) perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan media pembelajaran macromedia flash dengan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional, (d) Untuk mengetahui perbedaan peningkatan minat belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran macromedia flash dengan peningkatan minat belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas VII-G dan VII-H SMP Negeri 1 Gabuswetan. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa tes dan nontes. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data n-gain menggunakan uji-t independent diperoleh: (a) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan media pembelajara macromedia flash berkategori sedang, (b) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional berkategori rendah, (c) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis ICT dengan Macromedia Flash lebih baik daripada siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional, (d) Peningkatan minat belajar siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis ICT dengan Macromedia Flash lebih baik daripada siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika; Media Pembelajaran Macromedia Flash; Minat Belajar Siswa;
Subjects: Mathematics
Algebra
Arithmetics
Applied mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Dewi Fitriliyani
Date Deposited: 29 Jan 2020 07:36
Last Modified: 29 Jan 2020 07:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29107

Actions (login required)

View Item View Item