Saripah, Sasna (2019) Pengaruh model pembelajaran Outdoor Experiental Learning (OEL) terhadap berpikir kritis pada materi pencemaran lingkungan: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VII SMP Negeri 54 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (266kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan di sekolah tidak dapat lepas dari peran guru sebagai fasilitator dalam penyampaian materi. Berdasarkan hasil observasi di lapangan, kegiatan pembelajaran di sekolah masih berpusat pada guru dan didominasi oleh ceramah atau menggunakan power point serta masih menekankan pada aspek konsep dan hafalan. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Outdoor Experiental Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh model pembelajaran Outdoor Experiental Learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain Non-equavalent Pretest-Desain Grup Control Posttest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 54 Bandung yakni kelas VII A sebanyak 30 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebanyak 30 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model Outdoor Experiental Learning memperoleh rata-rata sebesar 87% untuk guru dan 84,44% dengan kategori sangat baik. kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh nilai rata-rata pretest 42,50, posttest 80,73 dan N-Gain 0,48 untuk dan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata pretest 45,17, posttest 72,17 dan N-Gain 0,48. Respon siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Outdoor Experiental Learning memiliki nilai rata-rata 3,35 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang posotif dan signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Outdoor Experiental Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan dengan thitung 4,11>ttabel 2.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Outdoor Experiental Learning; Keterampilan Berpikir Kritis; Pencemaran Lingkungan; |
Subjects: | Education Natural Science Education, Research Nonferrous Metals Process |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Sasna Siti Sarifah |
Date Deposited: | 30 Jan 2020 03:28 |
Last Modified: | 30 Jan 2020 03:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29122 |
Actions (login required)
View Item |