Pengaruh Non Performing Financing (NPF) dan Beban Ope rasional Pendapatan Ope rasional (BOPO) terhadap laba bersih pada Bank Rakyat Indonesia, Tbk

Fitriyani, Fitriyani (2017) Pengaruh Non Performing Financing (NPF) dan Beban Ope rasional Pendapatan Ope rasional (BOPO) terhadap laba bersih pada Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pemikiran bahwa Non Performing Financing (NPF) dan Beban Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) berpengaruh terhadap Laba Bersih pada Bank Rakyat Indonesia Syariah, Tbk. Hal tersebut semakin diperkuat dengan melihat data Non Performing Financing atau pembiayaan bermasalah pada bank syariah di Indonesia pertahunnya yang dilihat dari data Statistik Perbankan Syariah OJK pertahunnya, selain itu melihat rasio keuangan Bank Rakyat Indonesia Syariah selalu fluktuatif diantara NPF dan BOPO yang diikuti berubahnya nilai Laba Bersih. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian seberapa besar pengaruh NPF dan BOPO terhadap Laba Bersih pada Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh NPF secara parsial terhadap Laba Bersih, pengaruh BOPO secara parsial terhadap Laba Bersih, dan pengaruh NPF dan BOPO berpengaruh secara simultan terhadap Laba Bersih. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Laporan Tahunan Bank Rakyat Indonesia Syariah periode 2012 sampai 2015. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi, korelasi, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji signifikansi parsial (uji t) dan uji signifikansi simultan (uji F). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa NPF secara parsial hanya berpengaruh 15,6% terhadap Laba Bersih. Sedangkan BOPO secara parsial hanya berpengaruh 51,9% terhadap Laba Bersih. Jika mengacu kepada tingkat koefisien determinasi atau besarnya kontribusi apabila ditentukan dengan nilai tingkat signifikannya sebesar 5%. Maka hasilnya menunjukan bahwa NPF dan BOPO berpengaruh signifikan sebesar 53,5% dan sisannya sebesar 46,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari SPSS, hal ini menunjukan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan regresi linier berganda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Non Performing Financing (NPF); Beban Operasional Pendapatan Operasional (BOPO); Laba Bersih;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Financial Economics, Finance > Personal Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 30 Jan 2020 08:31
Last Modified: 30 Jan 2020 08:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29138

Actions (login required)

View Item View Item