Dampak industrialisasi terhadap perubahan sosial ekonomi masyarakat : Studi deskriptif Desa Mangunarga Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang

Hakim, Ilham Rahman (2019) Dampak industrialisasi terhadap perubahan sosial ekonomi masyarakat : Studi deskriptif Desa Mangunarga Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar_Isi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB_I.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar_Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan ekonomi suatu negara dapat dilihat dari seberapa besar kontribusi sektor industri terhadap pertumbuhan ekonominya. Karena industri dan pertumbuhan ekonomi ibarat dua sisi mata uang, karena industri identik dengan nilai tambah, transfer teknologi dan penyerapan tenaga kerja sebagai prasyarat pertumbuhan ekonomi. Pada beberapa Negara yang tergolong maju, peranan sektor industri lebih dominan dibandingkan dengan sektor lainnya, sektor industri memegang peran kunci sebagai mesin pembangunan ekonominya. Keberadaan industri secara tidak langsung akan membawa perubahan dalam beberapa aspek, seperti terjadinya perubahan pada cara atau variasi hidup yang diterima oleh masyarakat yang berada di kawasan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana keadaan dan cara atau variasi hidup yang diterima oleh masyarakat Desa Mangunarga setelah terjadinya Industrialisasi. Pemilihan teori dalam penelitian ini tentunya harus memiliki relevansi dengan apa yang di bahas dalam penelitian ini. Teori yang digunakan adalah perubahan sosial dari Gilin dan Gilin yang mengatakan bahwa perubahan sosial adalah sebagai suatu variasi dan cara-cara hidup yang telah diterima baik karena perubahan perubahan kondisi geografis, kebudayaan material, kondisi penduduk, ideologi maupun karena adanya difusi atapun penemuan-penemuan baru dalam masyarakat. (Soerjono Soekanto: 2004) Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Penelitian ini lebih cenderung menggambarkan kepada suatu fenomena apa adanya dengan cara menelaah secara teratur, ketat, menggunakan obyektivitas, dan dilakukan secara cermat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan terjadinya industrialisasi ini memberikan dampak terhadap perubahan cara dan variasi hidup yang di terima oleh masyarakat Desa Mangunarga. Diawali dengan perubahan lahan atau lingkungan dan meningkatnya perluasan jaringan sosial juga dengan hadirnya industri ini membantu meningkatkan penyerapan tenaga kerja khususnya dalam sektor industri. Jadi dapat disimpulkan bahwa keberadaan industri atau terjadinya industrialisasi di Desa Mangunarga Kecamatan Cimanggung Kab. Sumedang memberikan dampak terhadap perubahan sosial ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dampak; Industri; Sosial Ekonomi;
Subjects: Change
Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ilham Rahman Hakim
Date Deposited: 06 Apr 2020 03:14
Last Modified: 06 Apr 2020 03:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29171

Actions (login required)

View Item View Item