Pengaruh struktur modal terhadap profitabilitas yang berdampak pada peningkatan nilai perusahaan pada sub sektor pertambangan batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2012-2014.

Nurhaeni, Nenden (2017) Pengaruh struktur modal terhadap profitabilitas yang berdampak pada peningkatan nilai perusahaan pada sub sektor pertambangan batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2012-2014. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (805kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)

Abstract

Nilai perusahaan mencerminkan kemakmuran bagi pemilik perusahaan dan menciptakan kesejahteraan bagi pemegang saham, tujuan utama suatu perusahaan adalah untuk meningkatkan nilai perusahaan atau memaksimalkan kekayaan secara optimal, peningkatan nilai perusahaan bisa dipengaruhi oleh struktur modal secara langsung dan dapat juga secara tidak langsung melalui profabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan profitabilitas (diproksikan dengan return to asset) dalam memediasi pengaruh struktur modal (diproksikan dengan debt to equity ratio) terhadap nilai perusahaan (diproksikan dengan price earning ratio). Metode penelitian menggunakan penelitian kausalitas, Populasi penelitian adalah perusahaan pertambangan batubara yang terdaftar di BEI periode Tahun 2012-2014. Penentuan sampel dengan purposive sampling method. Dan jumlah sampel sebanyak 3 perusahaan. Data penelitian merupakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa efek Indonesia. Teknik pengujian data adalah dengan menggunkan data panel dan Pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis jalur dengan alat bantu aplikasi Eviews 7. Penelitian menunjukkan hasil dimana: (1) Struktur modal mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. (2) Struktur modal mempunyai pengaruh yang negatif namun tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. (3) Profitabilitas mempunyai pengaruh yang positif dan namun tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. (4) Profitabilitas mampu memediasi pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan. Perusahaan pertambangan batubara di Bursa Efek Indonesia belum mencapai titik optimal pada tingkat utangnya, sehingga penambahan proporsi utang yang dapat meningkatkan profitabilitas dapat digunakan untuk mendapatkan nilai perusahaan yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: price earning ratio; debt to equity ratio; return to asset;
Subjects: Financial Economics, Finance > Investment
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 03 Feb 2020 08:16
Last Modified: 03 Feb 2020 08:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29199

Actions (login required)

View Item View Item