Penerapan akad murabahah pada pembiayaan paket umroh cicilan relevansi dengan surat edaran otoritas jasa keuangan nomor 36/SEOJK.03/2015 di BPRS Amanah Rabbaniah Banjaran

Nurlaila, Sinta (2019) Penerapan akad murabahah pada pembiayaan paket umroh cicilan relevansi dengan surat edaran otoritas jasa keuangan nomor 36/SEOJK.03/2015 di BPRS Amanah Rabbaniah Banjaran. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 36/SEOJK.03/2015 tentang pembiayaan penguruasan haji bahwa pembiayaan umroh cicilan menggunakan akad ijarah dan qardh. Bank syariah dituntut untuk melaksanakan produk transaksi tanpa bertentangan dengan hal-hal yang dilarang oleh syariah, namun pada penerapannya di BPRS Amanah Rabbaniah Banjaran pembiayaan paket umroh cicilan menggunakan akad murabahah. Hal tersebut kurang sesuai dengan ketentuan POJK. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses pembiayaan paket umroh cicilan, (2) untuk mengetahui kesesuaian pembiayaan paket umroh cicilan di BPRS Amanah Rabbaniah Banjaran dengan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 36/SEOJK.03/2015. Penelitian ini didasarkan pada Al-Qur’an, Hadits, prinsip-prinsip muamalah, rukun dan syarat murabahah, serta Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 36/SEOJK.03/2015 tentang pembiayaan penguruasan haji. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yakni metode yang memaparkan atau menggambarkan penerapan akad murabahah dalam pembiayaan paket umroh cicilan di BPRS Amanah Rabbaniah Banjaran. Adapun teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik wawancara dilakukan dengan Ibu Nurul Wulan selaku staff marketing di BPRS Amanah Rabbaniah Banjaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pembiayaan paket umroh cicilan di BPRS Amanah Rabbaniah Banjaran tahapannya adalah: a) membuka rekening, b) DP 5jt, c) mengisi aplikasi pembiayaan, d) menyerahkan persyartan: Pas Photo terbaru Suami Istri, Foto Copy KTP Suami Istri yang masih berlaku, Foto Copy Kartu Keluarga, Foto Copy Surat Nikah, Jaminan BPKB, SHM dan atau AJB , Menyetorkan uang muka minimal Rp. 5.000.000,-, e) survey oleh petugas bank, f) akad. (2) penerapan akad murabahah pada pembiayaan paket umroh cicilan di BPRS Amanah Rabbaniah Banjaran tampaknya belum sesuai dengan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 36/SEOJK.03/2015 tentang pembiayaan penguruasan haji yang menggunakan akad ijarah dan qardh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Murabahah;Pembiayaan Paket Umroh Cicilan
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Sinta Nurlaila Djamhur
Date Deposited: 13 Feb 2020 02:27
Last Modified: 13 Feb 2020 02:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29304

Actions (login required)

View Item View Item