Penerapan model Hand-On Activity (HOA) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi gelombang bunyi

Mahdiyah, Umamah (2019) Penerapan model Hand-On Activity (HOA) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi gelombang bunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan dan perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kreatif antara peserta didik yang belajar menggunakan model Hand-On Activity (HOA) dengan model demonstrasi pada materi gelombang bunyi. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen, dengan desain non equivalent control group design. Sampel yang digunakan terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu Lembar Observasi (LO), Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), dan tes keterampilan berpikir kreatif. Teknik analisis yang digunakan yaitu perhitungan persentase keterlaksanaan pembelajaran, persentase skor LKPD 80% terkategori baik, N-Gain dan uji independent sample test. Hasil penelitian menunjukkan persentase keterlaksanaan pembelajaran kelas eksperimen (HOA) untuk aktivitas guru 81,9% dengan kategori baik dan peserta didik 81% dengan kategori baik, sedangkan kelas kontrol (demonstrasi) untuk aktivitas guru 79,1% terkategori baik dan aktivitas peserta didik dengan kategori 76% terkategori baik. Rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen 0,61 dengan kategori sedang dan kelas kontrol 0,56 dengan kategori sedang. Hasil Uji-t diperoleh thitung(0,075)<(2,002) ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang belajar dengan model HOA dan Demonstrasi pada materi gelombang bunyi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model HOA; model Demonstrasi; keterampilan berpikir kreatif; gelombang bunyi;
Subjects: Knowledge > Research; Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Umamah Mahdiyah Ahmadi
Date Deposited: 06 Feb 2020 02:41
Last Modified: 06 Feb 2020 02:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29308

Actions (login required)

View Item View Item