Hubungan motivasi jamaah dalam mengikuti kegiatan majlis karomah dzikir dengan ketenangan hati: Studi kasus di Majlis Karomah Dzikir

Dheana, Ilma (2019) Hubungan motivasi jamaah dalam mengikuti kegiatan majlis karomah dzikir dengan ketenangan hati: Studi kasus di Majlis Karomah Dzikir. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Berdzikir bagi kehidupan sehari-hari sangat penting diterapkan dalam keseharian umat muslim. Karena dzikir merupan penghubung antar hamba dan Tuhanya yaitu Allah SWT. Berdzikir merupakan ibadah paling mudah untuk dilakukan, dimanapun dan kapanpun bisa dilakukan. Dzikir dapat dilakukan dengan berbagai cara, setiap berbuatan, serta tindakan mengingat Allah SWT dapat disebut dzikir. Di Majelis Karomah, dzikir merupakan kegiatan yang mengajak para jamaahnya untuk berdzikir Motivasi berasal dari kata motif yang dapat diartikan sebagai kekuatan yang terdapat dalam diri individu, yang mebuat individu tersebut bertindak atau berbuat. Adapun tujuan umum pada penelitian yang akan dilaksanakan pada judul “Hubungan Motivasi Jamaah Dalam Mengikuti Kegiatan Majlis Karomah Dzikir Dengan Ketenangan Hati”, yaitu sebagai berikut: Untuk mengetahui mengetahui motivasi jamaah mengikuti kegiatan majelis Karomah Dzikir. perasaan jamaah setelah mengikuti zikir di majlis karomah Dzikir serta mengetahui pengaruh antara motivasi jamaah Majlis Dzikir di Majlis Karomah Dzikir dengan pengaruh keadaan hati jamaah. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dimana kuantitatif ini datanya terdiri dari variabel-variabel, yang diukur dengan angka dan dianalisis dengan menggunkaan presedur statistika. Tujuan penelitian ini menjelaskan ada atau tidak adanya hubungan variabel motivasi dengan ketenangan hati. Dalam penelitian ini memiliki duan variabel yaitu motivasi sebagai variabel (X) dan ketenangan hati sebagai variabel (Y). Hasil dari penelitian ini motivasi jama’ah yaitu ingin meningkatkan, mempertahankan ibadah, dan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, setelah mengikuti kegiatan majelis dzikir merasakan senang berkumpul dengan para jamaah lain sehingga mengurangi rasa jenuh setelah melakukan aktivitasnya, selain itu juga mendapat ilmu pengetahuan baru, rasa cemas berkurang, sehingga mendapatkan kenyaman fisik dan psikis. Sehingga terdapat hubungan antara motivasi dan ketenangan hati sebesar 35,3% berkorelasi sedang dan berhubungan secara positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Motivasi; Ketenangan Hati;
Subjects: Islam > Sufi Orders
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: ilma dheana suhana
Date Deposited: 10 Feb 2020 03:16
Last Modified: 10 Feb 2020 03:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29339

Actions (login required)

View Item View Item