Ina, Ayi (2019) Penggunaan software Cabri 3D dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan minat belajar matematika siswa. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (354kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (752kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dengan pembelajaran menggunakan software Cabri 3D menjadi salah satu alternatif pemanfaatan dalam pesatnya perkembangan teknologi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (a) perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa antara siswa yang menggunakan software Cabri 3D dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional ; (b) perbedaan pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa antara siswa yang menggunakan software Cabri 3D dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional berdasarkan dari Pengetahuan Awal Matematika (PAM) siswa; dan (c) perbedaan peningkatan minat belajar matematika siswa antara siswa yang menggunakan software Cabri 3D dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen. Data penelitian dikumpulkan menggunakan soal tes PAM, soal tes kemampuan penalaran matematis, serta angket minat belajar matematika. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 7 Majalengka kelas XI-A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-B sebagai kelas kontrol pada materi tabung dan kerucut. Berdasarkan hasil penelitian sebagai berikut: (a) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa siswa yang menggunakan software Cabri 3D lebih baik daripada pembelajaran konvensional; (b) pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan software Cabri 3D lebih baik daripada pembelajaran konvensional berdasarkan PAM; dan (c) peningkatan minat belajar matematika siswa antara yang menggunakan software Cabri 3D lebih baik daripada pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Software Cabri 3D;Kemampuan Penalaran Matematis;Minat Belajar Matematika Siswa; |
Subjects: | Algebra > Algebra Combined with Other Brances |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ayi Ina |
Date Deposited: | 10 Feb 2020 04:02 |
Last Modified: | 10 Feb 2020 04:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29346 |
Actions (login required)
View Item |