Septiani, Ulfah (2019) Pengaruh model pembelajaran gallery walk berbasis pendekatan inquiry learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem pertahanan tubuh. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstak.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (575kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan memberikan alasan (reasonable) dan berpikir reflektif yang difokuskan pada apa yang diyakini dan apa yang dilakukan. Berdasarkan observasi dilapangan, dalam proses pembelajaran siswa cenderung kurang aktif sehingga ketuntasan belajar 39%. Penggunaan model pembelajaran gallery walk berbasis pendekatan inquiry learning dapat membantu mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Sehingga diperlukan pembelajaran yang mampu melibatkan siswa dalam proses pembelajaran agar siswa menjadi aktif dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, maka digunakan model gallery walk berbasis pendekatan inquiry learning. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model gallery walk berbasis pendekatan inquiry learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang akan digunakan adalah quasi eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah seperangkat tes kemampuan pemecahan masalah, angket dan lembar observasi. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Pengumpulan data diperoleh dari test dengan jumlah 9 soal essay untuk pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0.75 lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 0.26. Hasil uji t N-Gain menunjukkan bahwa data yang dihasilkan sesuai dengan kriteria yaitu thitung (12.58) > ttabel (1.99) dengan taraf signifikan 5%, artinya H0 ditolak dan H1 diterima, dapat disimpulkan bahwa model gallery walk berbasis pendekatan inquiry learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem pertahanan tubuh.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kritis; Model Gallery Walk; Pendekatan Inquiry Learning; Sistem Pertahanan Tubuh; |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ulfah Septiani |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 03:42 |
Last Modified: | 12 Feb 2020 03:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29390 |
Actions (login required)
View Item |