Analisis kemampuan literasi kimia pada materi transfer energi dan reaksi kimia

Mukti, Ihsanatunnisa (2017) Analisis kemampuan literasi kimia pada materi transfer energi dan reaksi kimia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil studi PISA (Programme for International Student Assesment) 2006 yang mengungkapkan bahwa literasi sains siswa Indonesia termasuk kategori rendah. Hal ini berimbas pada literasi kimia karena kimia merupakan bagian dari sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi kimia mahasiswa berkaitan dengan fenomena kimia dalam kehidupan sehari-hari, serta level literasi kimia mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, dengan sampel mahasiswa pendidikan kimia UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebanyak 59 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian yang berkaitan dengan fenomena kimia dalam kehidupan sehari-hari yang berfokus pada konsep transfer energy dan reaksi kimia. Hasil penelitian menunjukan literasi kimia mahasiswa termasuk kategori rendah dengan nilai rata-rata 55,56. Analisis level literasi kimia menunjukan 15,52% pada level nominal literacy, 81,36% pada functional literacy, 1,69% pada level illiteracy, 1,69% pada conceptual literacy dan 0% pada level multidimensional literacy.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kemampuan literasi kimia; level literasi kimia; transfer energi; reaksi kimia
Subjects: Education, Research
Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 11 Feb 2020 06:38
Last Modified: 11 Feb 2020 06:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29409

Actions (login required)

View Item View Item