Nopia Wanti, Nopia (1211205050) (2015) Penerapan Pembelajaran Induktif terhadap Kemampuan Penalaran dan Self-Regulated Learning Siswa (Penelitian Eksperimen di SMP Triyasa Kelas VII pada Pokok Bahasan Segiempat). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (727kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran induktif Taba pada kelas eksperimen I, model pembelajaran induktif Sharan-Sharma pada kelas eksperimen II dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran induktif Taba dan pembelajaran induktif Sharan-Sharma; (b) perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa antara model induktif Taba, Sharan-Sharma dan konvensional; (c) self-regulated learning siswa yang menggunakan model pembelajaran induktif Taba dan pembelajaran induktif Sharan-Sharma. Metode penelitian yang dipakai adalah kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang dipakai: (a) tes kemampuan penalaran matematis siswa; (b) skala self-regulated learning siswa. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) gambaran pelaksanaan pembelajaran melalui gambaran aktivitas siswa dan aktivitas guru berdasarkan pengamatan observer secara umum terlaksana dengan cukup baik; (b) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa antara yang menggunakan model pembelajaran induktif Taba, pembelajaran induktif Sharan-Sharma dengan pembelajaran konvensional. Perbedaan tersebut terdapat antara model pembelajaran induktif Taba dengan pembelajaran konvensional dan antara pembelajaran induktif Sharan-Sharma dengan pembelajaran konvensional. (c) self-regulated learning siswa yang menggunakan model induktif Taba dan induktif Sharan-Sharma menunjukkan sikap negatif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-Regulated Learning,siswa,pendidikan matematika,kemampuan penalaran. |
Subjects: | Mathematics > Research Methods of Mathematics Applied mathematics > Special Topics of Applied Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 234 not found. |
Date Deposited: | 22 Feb 2017 02:31 |
Last Modified: | 17 Mar 2017 09:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/2943 |
Actions (login required)
View Item |