Penerapan Pembelajaran Induktif terhadap Kemampuan Penalaran dan Self-Regulated Learning Siswa (Penelitian Eksperimen di SMP Triyasa Kelas VII pada Pokok Bahasan Segiempat)

Nopia Wanti, Nopia (1211205050) (2015) Penerapan Pembelajaran Induktif terhadap Kemampuan Penalaran dan Self-Regulated Learning Siswa (Penelitian Eksperimen di SMP Triyasa Kelas VII pada Pokok Bahasan Segiempat). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (727kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran induktif Taba pada kelas eksperimen I, model pembelajaran induktif Sharan-Sharma pada kelas eksperimen II dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran induktif Taba dan pembelajaran induktif Sharan-Sharma; (b) perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa antara model induktif Taba, Sharan-Sharma dan konvensional; (c) self-regulated learning siswa yang menggunakan model pembelajaran induktif Taba dan pembelajaran induktif Sharan-Sharma. Metode penelitian yang dipakai adalah kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang dipakai: (a) tes kemampuan penalaran matematis siswa; (b) skala self-regulated learning siswa. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) gambaran pelaksanaan pembelajaran melalui gambaran aktivitas siswa dan aktivitas guru berdasarkan pengamatan observer secara umum terlaksana dengan cukup baik; (b) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa antara yang menggunakan model pembelajaran induktif Taba, pembelajaran induktif Sharan-Sharma dengan pembelajaran konvensional. Perbedaan tersebut terdapat antara model pembelajaran induktif Taba dengan pembelajaran konvensional dan antara pembelajaran induktif Sharan-Sharma dengan pembelajaran konvensional. (c) self-regulated learning siswa yang menggunakan model induktif Taba dan induktif Sharan-Sharma menunjukkan sikap negatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Self-Regulated Learning,siswa,pendidikan matematika,kemampuan penalaran.
Subjects: Mathematics > Research Methods of Mathematics
Applied mathematics > Special Topics of Applied Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 234 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2017 02:31
Last Modified: 17 Mar 2017 09:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2943

Actions (login required)

View Item View Item