Adimulia, Naufal Syahid (2019) Pengembangan bahan ajar berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan penalaran ilmiah pada materi fluida statis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (228kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (716kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar berbasis STEM, peningkatan kemampuan penalaran ilmiah setelah menggunakan bahan ajar berbasis STEM dalam kegiatan pembelajaran, dan mengetahui respon peserta didik terhadap bahan ajar berbasi STEM. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reseacrch and Development (R & D) dengan model ADDIE, yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation dan evaluation. Produk bahan ajar yang telah dikembangkan digunakan dalam kegiatan pembelajaran oleh 30 peserta didik di kelas XI IPA 7 SMAN 25 Bandung. Pengambilan data menggunakan metode pre-experiment dengan desain one group pretes posttest. Berdasarkan hasil validasi ahli media, materi dan lapang, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis STEM ini layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil nilai pretest dan posttest didaptakan rata-rata nilai N-gain 0,70 dengan interpretasi tinggi. Hasil ini dikonfirmasi dengan perhitungan uji t yang memberikan nilai thitung dan ttabel yaitu 5,00 dan 2,04 sehingga thitung > ttabel menyebabkan hipotesis nol ditolak. Hal ini menunjukan bahwa peserta didik mengalami peningkatan kemampuan penalaran ilmiah setelah menggunakan bahan ajar berbasis STEM. Respon peserta didik memberikan gambaran bahwa bahan ajar berbasis STEM dapat meningkatkan kemampuan penalaran ilmiah yang ditunjukan dengan penerimaan persentase penerimaan 88,00% dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini diperlukan implementasi dalam skala yang lebih luas dan tinjauan pendekatan STEM dalam pembelajaran fisika.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar; STEM; Penalaran Ilmiah; |
Subjects: | Education Physics > Data Processing and Analysis of Physics Physics > Instrumentation of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Naufal Syahid Adimulia |
Date Deposited: | 13 Feb 2020 02:53 |
Last Modified: | 13 Feb 2020 02:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29457 |
Actions (login required)
View Item |