Muharam, Rukmana (2019) Manajemen pemasaran untuk meningkatkan pondok pesantren: Penelitian di pondok pesantren Darussalam Kasomalang Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (606kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV HASIL RM (5).pdf Restricted to Registered users only Download (763kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) | Request a copy |
Abstract
Pondok pesantren sebagai basis pendidikan Islam di Indonesia membutuhkan manajemen pemasaran pendidikan agar mampu menghasilkan santri baru yang memiliki kualitas dan kuantitas baik di era modernisasi ini. Pondok Pesantren Darussalam Kasomalang Subang yaitu pesantren yang memiliki keunggulan dalam segi produk, promosi, layanan dan citra lembaga pendidikan,dengan demikian dibutuhkan manajemen pemasaran pendidikan agar tujuan pendidikannya dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan latar alamiah, perencanaan pemasaran jasa pesantren, pengorganisasian pemasaran jasa pesantren, pelaksanaan pemasaran jasa pesantren, pengawasan pemasaran jasa pesantren, strategi bauran pemasaran pesantren, dan hasil pemasaran jasa di Pondok Pesantren Darussalam Kaomalang Subang. Manajemen Bauran Pemasaran Pendidikan yaitu salah satu dari kegiatan pokok yang dilakukan organisasi pendidikan/pesantren untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang, dan mendapatkan laba melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan pengawasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, studi dokumentasi dan menyalin. Sedangkan dalam menganalisis data yang digunakan adalah penafsiran deskriptif semata-mata dan uji keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, analisis kasus negatif, kecukupan referensi, uraian rinci, triangulasi, pemeriksaan teman sejawat, pengecekan anggota dan auditing. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Manajemen Bauran Pemasaran di Pondok Pesantren Darussalam Kaomalang Subang ditinjau dari segi pemasaran merupakan lembaga pendidikan yang dominan menggunakan pemasaran tidak langsung (indirect marketing), yaitu melalui website, facebook, dan aplikasi lainnya. Perencanaan pemasaran pendidikan dilakukan setiap menjelang penerimaan santri baru meliputi perumusan visi misi lembaga, segmentasi dan penempatan pasar, penempatan posisi produk, dan penentuan harga pemasaran pendidikan. Pengorganisasian Pemasaran Pendidikan dilakukan untuk menyusun organisasi pemasaran dan pembinaan anggotanya. Pelaksanaan pemasaran pendidikan dilakuakan secara komitmen sesuai dengan aturan yang telah direncanakan meliputi promosi dan komunikasi serta penyampaian atau distribusi. Promosi dan komunikasi dilakukan melalui periklanan/online, informasi dari mulut ke mulut, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung serta penyampaian atau distribusi. Kata Kunci: Pondok Pesantren Darussalam, Manajemen Pemasaran, Bauran Pemasaran,
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen;pemasaran; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities General Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Rukmana Muharam |
Date Deposited: | 14 Feb 2020 07:59 |
Last Modified: | 14 Feb 2020 07:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29465 |
Actions (login required)
View Item |