Gustiani, Ulfia (2019) Pengaruh pendekatan Science Technology Engineering Mathematics (STEM) berbasis Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi jamur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (138kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (374kB) | Preview |
|
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (705kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
||
|
Text
9_daftar pustaka.pdf Download (237kB) | Preview |
Abstract
Ulfia Gustiani : Pengaruh Pendekatan Science Technology Engineering Mathematics (STEM) berbasis Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Jamur (Penelitian di kelas X MIA SMAN 27 Bandung) Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa siswa kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Selain itu siswa belum pernah membuat suatu projek atau percobaan dalam kegiatan pembelajaran pada materi jamur. Hal ini berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa yang masih kurang terlihat pada pembelajaran Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh pendekatan STEM berbasis PjBL terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi jamur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan STEM berbasis PjBL memperoleh rata-rata sebesar 94,1% aktivitas guru dan 88% aktivitas siswa dengan kategori sangat baik. Kemampuan literasi sains siswa pada kelas eksperimen menghasilkan nilai rata-rata pretes 20,27, posttest 77,08 dan N-gain 0,70, sedangkan kelas kontrol menghasilkan nilai rata-rata pretes 25,64, posttest 59,92 dan N-gain 0,45. Respon siswa terhadap proses pembelajaran memiliki nilai rata-rata 4,0 dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t independent didapatkan hasil thitung = 5,12 > ttabel = 1,99 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pendekatan STEM berbasis PjBL terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi jamur.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Science Technology Engineering Mathematics (STEM) berbasis Project Based Learning (PjBL); Kemampuan Literasi Sains; Jamur; |
Subjects: | Education Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ulfia Gustiani |
Date Deposited: | 19 Feb 2020 04:22 |
Last Modified: | 19 Feb 2020 04:22 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29476 |
Actions (login required)
View Item |