Pelaksanaan tabungan iB qurban dengan akad mudharabah pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Harum Hikmah Nugraha Garut

Ekayanti, Rezhy Dini (2019) Pelaksanaan tabungan iB qurban dengan akad mudharabah pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Harum Hikmah Nugraha Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (615kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy

Abstract

Tabungan iB Qurban adalah salah satu bentuk pilihan atau cara untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam penyediaan sarana sehingga masyarakat dapat merencanakan dengan baik keinginan untuk berkurban. Maka dalam hal ini Tabungan iB Qurban memiliki tingkat efektifitas sesuai dengan yang diharapkan manajemen BPRS Harum Hikmah Nugraha Garut. Di BPRS Harum Hikmah Nugraha itu sendiri Tabungan iB Qurban merupakan tabungan mudharabah berjangka dengan tambahan fitur debet otomatis untuk keperluan pembelian dan penyaluran hewan qurban. BPRS Harum Hikmah Nugraha Garut dalam penyediaan hewan qurban adalah Kerajaan Domba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui prosedur dan syarat-syarat pelaksanaan dalam Tabungan akad Mudharabah di PT. BPRS Harum Hikmah Nugraha Garut, (2) Untuk mengetahui Mekanisme Akad Mudharabah dan Akad Jual Beli Qurban pada Produk Tabungan iB Qurban di PT. BPRS Harum Hikmah Nugraha Garut, (3) Untuk mengetahui tinjauan Hukum Ekonomi Syariah dan Fatwa DSN tentang Tabungan Mudharabah Qurban di PT. BPRS Harum Hikmah Nugraha Garut. Model transaksi yang dikembangkan di BPRS Harum Hikmah Nugrraha Garut ini mengenalkan Dengan prinsip Mudharabah, dimana nasabah/customer memberikan kebebasan penuh kepada PT.BPRS Harum Hikmah Nugraha untuk mengelola dan sesuai dengan prinsip syariah. Keuntungan dari pengelolaan dana tersebut akan dibagihasilkan sesuai dengan nisbah yang telah disepakati sebelumnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis, yaitu metode yang digunakan untuk menggambarkan, menganalisis dan mengungkapkan suatu peristiwa yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data ditempuh dengan menerapkan observasi, wawancara, dan studi kepustakaan, sementara analisis datanya dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa BPRS Harum Hikmah Nugraha Garut yang melaksanakan prosedur iB Qurban secara teori sudah sesuai dengan hukum fiqh dan fatwa DSN No 02/DSN/MUI/IV/2000 yang berlaku. Karena sudah memenuhi tata cara sistem mudharabah yang di terapkan. Namun dalam prakteknya pelaksanaan produk Tabungan Qurban ini ada yang masih mengganjal, yaitu dimana seharusnya bagi hasil disajikan dengan konkrit dan jelas agar tidak gharar, akan tetapi dalam pelaksanaannya nisbah bagi hasil tidak dinyatakan dalam akad pembukaan rekening.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tabungan Qurban; Mudharabah;
Subjects: Financial Economics, Finance > Banks
Financial Economics, Finance > Saving Banks
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: rezhy dini ekayanti
Date Deposited: 21 Feb 2020 06:59
Last Modified: 21 Feb 2020 06:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29498

Actions (login required)

View Item View Item