Peran Pengasuh Pondok Pesantren Cikalama dalam meningkatkan spiritualitas santri: Penelitian di Pondok Pesantren Cikalama Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang

Sopian, Agus (2019) Peran Pengasuh Pondok Pesantren Cikalama dalam meningkatkan spiritualitas santri: Penelitian di Pondok Pesantren Cikalama Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_dafatarisi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu bagian dari pembinaan pendidikan di Indonesia yaitu adanya pendidikan di pondok pesantren. Dalam hal ini yang sangat berperan dalam pendidikan di pondok pesantren yaitu adanya pengasuh pondok atau disebut dengan kiyai. Pengasuh pondok pesantren memberikan pendidikan kepada santrinya agar menjadi manusia yang beriman, berilmu dan memiliki akhlak yang baik. Seorang pengasuh pondok pesantren tidak hanya memberikan berbagai pengetahuan keilmuan saja, namun juga berusaha meningkatkan nilai keagamaan santrinya sehingga mampu memiliki nilai spiritualitas yang baik. Hal itu dapat dilihat di pondok pesantren Cikalama, yaitu bagaimana seorang pengasuh pondok pesantren tidak hanya memberikan pengetahuan secara materi ilmu, namun juga berusaha membangun nilai spiritualitas setiap santrinya sehingga mampu memiliki akhlak yang baik kepada Tuhannya dan juga akhlak terpuji kepada lingkungan sekitarnya. Peran pengasuh pondok pesantren memiliki pengaruh dalam meningkatkan nilai spiritualitas santri. Oleh karena itu penulis ingin meneliti hal ini melalui skripsi yang berjudul “Peran Pengasuh Pondok Pesantren Cikalama Dalam Meningkatkan Spiritualitas Santri”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola asuh yang diberikan oleh pengasuh pondok pesantren, serta bagaimana peran pola asuh tersebut dalam meningkatkan nilai spiritualitas santri. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan menekankan pada kekuatan analisis data pada sumber-sumber data yang ada, sehingga hasil penelitian tidak berupa angka-angka melainkan berupa interpretasi dan kata-kata. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola asuh yang diberikan berupa pemberian materi keagamaan, seperti ilmu tauhid, fiqh, tasawuf serta ilmu alat. Disamping itu ada satu hal yang menjadi ciri khas pondok pesantren Cikalama yaitu adanya tanbeh atau peraturan pesantren yang berlaku bagi seluruh santri serta keluarga pesantren. Adapun hasil yang dicapai setelah diberikannya pola asuh, setiap santri mengalami perbaikan dalam segi ibadah khususnya shalat, senantiasa mengikuti kegiatan pengajian dan juga memiliki sikap yang sopan dan santun terhadap guru, masyarakat serta teman sesama santri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran; Spiritualitas; Pondok Pesantren;
Subjects: Islam > Sufi Orders
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: agus sopian
Date Deposited: 14 Feb 2020 02:48
Last Modified: 14 Feb 2020 02:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29504

Actions (login required)

View Item View Item