Fazriyah, Nurul (2019) Model pembelajaran Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (211kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (951kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran dikarenakan kurangnya pemahaman mengajar tentang model pembelajaran yang dapat meningkatakan keterampilan berpikir kritis siswa. Hal ini dapat menyebabkan tidak terlatihnya kemampuan berpikir siswa saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) pada materi Perubahan Lingkungan. Metode penelitian menggunakan pre-experimen dengan desain penelitian single grup designs. Sample yang digunakan sebanyak 24 siswa kelas X di MA Al-Jawami Cileunyi dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah tes tulis berupa soal-soal kemampuan berpikir kritis yang dianalisis secara kuantitatif dan non tes berupa angket, lembar observasi untuk guru dan siswa yang dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor pretest pada materi perubahan lingkungan yaitu 50,29, posttest yaitu 75,35, dan N-gain 0,45 dengan kategori Sedang. Presentase kinerja guru memperoleh rata-rata 83,33% dengan kategori Sangat Baik. Presentase aktivitas siswa memperoleh rata-rata 88,1% dengan kategori Sangat Baik. Respon siswa memperoleh nilai rata-rata 2,52 dengan kualifikasi Sedang. Berdasarkan uji statistik diperoleh Thitung 13,5 > Ttabel 2,11 maka H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) pada materi Perubahan Lingkungan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kritis; Thinking Empowerment by Questioning; Perubahan Lingkungan; |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nurul Fazriyah |
Date Deposited: | 18 Feb 2020 02:09 |
Last Modified: | 18 Feb 2020 02:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29595 |
Actions (login required)
View Item |