Pengaruh etos kerja terhadap kualitas pelayanan pegawai negeri sipil (PNS) pada Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung (DISPORA)

Simbolon, Deasy Afriani (2019) Pengaruh etos kerja terhadap kualitas pelayanan pegawai negeri sipil (PNS) pada Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung (DISPORA). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy

Abstract

Keberadaan Dinas Pemuda dan Olahraga Bandung sebagai lembaga pemerintahan disebutkan dalam Perda Kota Bandung Nomor 13 Tahun 2009 Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian urusan pemerintahan daerah di bidang pemuda dan olahraga berdasarkan asas otonomi dan pembantuan. Dalam melaksanakan urusan pemerintah tersebut dibutuhkan tenaga kerja/pegawai yang mempunyai etos kerja dan kualitas pelayan yang tinggi di lingkungan dinas. Etos kerja dan kualitas pelayanan adalah faktor yang sangat penting dalam proses kerja yang pada akhirnya akan menjadikan kualitas pegawai dan etos kerja pegawai baik atau tidak pada instansi tersebut. Adapun bentuk etos kerja yang sangat diperlukan antara lain: efisiensi, ketekunan, kerapihan, tanggung jawab, kejujuran, dan tepat waktu dalam bekerja. Menurut, rekap prosentase tingkat kehadiran pegawai Dinas Pemuda dan Olahraga pada tahun 2017 kehadiran pegawai mencapai 82.39%, ketidakhadiran 11.82%, dan keterlambatan mencapai 35.48%. Dilihat dari signifikansi keterlambatan tersebut, kesadaran akan tanggung jawab mengenai semangat etos kerja dan disiplin kerja hanya sebagian kecil dari pegawai yang melakukannya, sehingga menyebabkan penurunan kualitas pelayanan pada dinas tersebut. Berlandaskan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh etos kerja pegawai negeri sipil dalam melaksanakan suatu tugas yang diberikan dan untuk mengetahui pelaksanaan kualitas pelayanan pegawai di lingkungkan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung. Maka, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh etos kerja terhadap kualitas pelayanan pegawai di lingkungan DISPORA Kota Bandung. Teori yang digunakan dalam pelaksanaan terhadap etos kerja tersebut menggunakan teori Salamun dkk. Mengemukakan indikator untuk mengukur etos kerja diantaranya: (1) kerja Keras; (2) Disiplin; (3) Jujur; (4) Tanggung jawab; (5) Rajin; dan (6) Tekun. Selanjutnya peneliti mencoba membuktikan pernyataan tersebut dengan melakukan pendekatan penelitian dengan menggunakan metode kauntitatif . Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. populasi dari penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas Pemuda dan olahraga Kota Bandung yang berjumlah 95 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: etos kerja berpengaruh positif terhadap kualitas pelayanan pegawai pada Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan nilai signifikansi dan nilai t. 1) Berdasarkan nilai signifikansi: dari tabel coefficients diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel etos kerja (X) berpengaruh terhadap variabel kualitas pelayanan (Y); 2) Berdasarkan nilai t: diketahui nilai thitung sebesar 4,768 > ttabel 3,61, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel etos kerja (X) berpengaruh terhadap variabel kualitas pelayanan (Y).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Etos Kerja; Kualitas Pelayanan;
Subjects: Administration of The Physical Plant
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: deasy afriyani simbolon
Date Deposited: 19 Feb 2020 07:45
Last Modified: 19 Feb 2020 07:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29604

Actions (login required)

View Item View Item