Relasi religiusitas terhadap etos kerja pada kaum buruh:Studi Religiusitas Pada Buruh Pabrik PT Honda Precision Parts Manufacturing (HPPM) Karawang

Taufiqurahman, Muhammad Arief (2019) Relasi religiusitas terhadap etos kerja pada kaum buruh:Studi Religiusitas Pada Buruh Pabrik PT Honda Precision Parts Manufacturing (HPPM) Karawang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI TABEL GAMBAR.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy

Abstract

Setiap manusia mempunyai naluri religuisitas, yakni naluri untuk kepercayaan. Sebagai makhluk sosial yang berkelompok pastinya perlu diperhatikan pada nilai-nilai religuisitasnya. Nilai-nilai religiusitas memberikan dorongan terhadap seseorang (buruh pabrik) untuk melakukan pekerjaan lebih baik, meningkatkan kualitas kerja, dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. Religiusitas sangat penting dalam mewujudkan etika kerja yang baik secara horizontal kepada sesama makhluk sosial dan secara vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan dan mengetahui relasi nilai-nilai Religiusitas diaplikasikan di pabrik PT Honda Precision Parts Manufacturing (HPPM) Karawang, untuk mengetahui bentuk keyakinan, ritual, dan pemahaman teologi para kaum buruh terhadap etos kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan Sosiologi. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, kaum buruh pabrik PT Honda Precision Parts Manufacturing memiliki suatu keseragaman pada pandangan keagamaan tentang cara mereka bekerja biasanya memang pekerja yang bermayoritaskan agama islam. Pandangan agama yang mereka miliki dilihat dari cara mereka bekerja yang dimana dalam kesehariannya buruh pabrik ini tidak meninggalkan kewajibannya. Kedua, kaum buruh pabrik PT Honda Precision Parts Manufacturing memiliki etos kerja yang sangat tinggi dalam melakukan pekerjaan apapun yang mereka jalani, berjiwa kepemimpinan, selalu tepat waktu, dan memiliki jiwa pekerja keras. Ketiga, hubungan suatu agama dengan etos kerja para kaum buruh pabrik PT Honda Precision Parts Manufacturing yang memiliki sebuah relasi. Dalam pemahaman agama para karyawan ini memberikan suatu bentuk motivasi, dorongan dan bentuk etos kerja yang didalamnya ada nilai ibadah, melalui pemahaman pada agama disini ialah salah satu pemicu faktor pendukung pada etos kerja yang kuat dan unggul.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Religiusitas; buruh; etos kerja; HPPM;
Subjects: Ethics of Social Relations
Religious Experiences
Social Theology and Interreligious Relations and Attitudes
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Muhammad Arif Taufiqurahman
Date Deposited: 25 Feb 2020 07:50
Last Modified: 25 Feb 2020 07:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29605

Actions (login required)

View Item View Item