Dimensi dakwah dalam tradisi wisata ziarah : Studi kasus pada tradisi wisata ziarah makam Syekh Rama Haji Irengan Balong Kramat Darmaloka Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan

Mutasim, Ima (2019) Dimensi dakwah dalam tradisi wisata ziarah : Studi kasus pada tradisi wisata ziarah makam Syekh Rama Haji Irengan Balong Kramat Darmaloka Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (980kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy

Abstract

Wisata ziarah di makam Syekh Rama Haji Irengan merupakan tradisi yang melakat pada masyarakat desa Darma dan sekitar yang telah diwariskan secara turun temurun. Wisata ziarah ini dilakukan sebagai salah satu sarana pengembangan mental spiritual dalam memperkuat keimanan yang melebur dengan kebiasaan ritual masyarakat dan menjadi bagian penting dari praktik keagamaan umat Islam yang selalu dihadapkan pada permasalahan duniawi yang sangat kompleks. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tentang proses pelaksanaan tradisi wisata ziarah, pola dakwah yang dilakukan oleh para da’i dan peranan dakwah para da’i bagi para peziarah makam Syekh Rama Haji Irengan di lokasi objek wisata Balong Kramat Darmaloka. Aktifitas dakwah menjadi prilaku muslim dalam menjalakan Islam sebagai agama rahmatan lilalamin bagi seluruh umat mansia, dalam prosesnya melibatkan usur Da’i, Mad’u, Maddah, Uslub dan Washilah dalam mencapai maqashid (tujuan) dakwah yang melekat dengan tujuan Islam, yaitu untuk mencapai kebahagian hidup di dunia dan di akhirat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriftif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi lapangan, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan tafsir logika yang dihubungkan dengan konteks komunikasi dan penyiaran Islam. Teori yang digunakan dalam penelitian ini, ialah teori peran (role of theory) yaitu teori yang menganalisis tentang tugas-tugas yang harus dilaksanakan oleh orang-orang atau lembaga-lembaga yang mempunyai kedudukan dalam masyarakat, baik kedudukan formal maupun informal. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam tradisi wisata ziarah di makam Syekh Rama Haji Irengan terdapat dua dimensi dakwah, yaitu adanya proses penyampaian risalah kebenaran kepada para peziarah untuk mengetahui, memahami dan menghayati tentang tradisi yang sesuai dengan ajaran Islam dan adanya pemanfaatan fungsi wisata dan tradisi ziarah sebagai rahmatan lil alamin. Secara umum penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan wisata ziarah umumnya dilaksanakan pada malam jum’at kliwon dan hari-besar islam, diisi dengan bacaan tawashul, tahlil dan ayat-ayat suci Al-Quran. Adapun pola dakwah yang dilakukan oleh pengelola sebagai bentuk ikhtiar dakwahnya menggunakan pola bimbingan individu, tabligh dan juga pemberdayaan sosial. Pola dakwah yang dilakukan oleh pengelola dapat memberikan peranan penting bagi para peziarah dan lingkungan sekitar diantaranya dapat memberikan efek manfaat berupa peningkatan kesejahteraan mental, spriritual dan juga material.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Tradisi; Wisata; Ziarah;
Subjects: Islam > Da'wah
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Ziarah Kubur
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: ima mutasim
Date Deposited: 18 Feb 2020 07:32
Last Modified: 18 Feb 2020 07:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29622

Actions (login required)

View Item View Item